Bidik Segmen Bisnis, Kaspersky Rilis Kaspersky Next

marketeers article
Peluncuran Kaspersky Next (FOTO: Marketeers/Bernad)

Kaspersky memperkenalkan lini produk terbaru bernama Kaspersky Next yang menggabungkan perlindungan titik akhir yang kuat dengan teknologi deteksi dan respons titik akhir atau endpoint detection and response (EDR) serta deteksi dan respons yang diperluas atau extended detection & response (XDR).

Produk ini dirancang untuk memberikan solusi keamanan siber yang komprehensif bagi berbagai bisnis, menyesuaikan dengan kebutuhan infrastruktur teknologi informasi dan sumber daya yang tersedia.

Menurut Laporan Modernisasi XDR dan SOC dari Enterprise Strategy Group, banyak bisnis masih mengalami kesulitan dalam menemukan alat yang mampu mendeteksi dan menyelidiki ancaman tingkat lanjut secara tepat waktu. Karenanya, Kaspersky terus mengembangkan solusi untuk memenuhi kebutuhan ini.

BACA JUGA: Bidik Segmen B2B, Kaspersky Rilis Solusi KUMA

Yeo Siang Tiong, General Manager Asia Tenggara di Kaspersky mengungkapkan bahwa peluncuran Kaspersky Next menandai transformasi penting dalam penawaran produk perusahaan.

Solusi ini menyederhanakan kompleksitas EDR dan XDR bagi bisnis dan organisasi di Indonesia, baik yang baru memulai dalam keamanan siber maupun yang sudah memiliki tim SOC sendiri. Misi Kaspersky adalah memberikan perlindungan terbaik dengan keahlian yang tidak tertandingi, memungkinkan perusahaan membangun sistem keamanan informasi yang andal dan efisien sesuai kebutuhan mereka.

Statistik dari Kaspersky mencatat berbagai insiden siber di Indonesia sepanjang tahun lalu, termasuk 97.465 kasus phishing finansial, 16,4 juta insiden lokal, 11,7 juta serangan RDP, dan 97.226 deteksi ransomware.

Dony Koesmandarin, Enterprise Group Manager untuk Indonesia di Kaspersky mengatakan, perusahaan harus memprioritaskan keamanan siber untuk melindungi aset, memastikan kepatuhan terhadap peraturan, dan membangun kepercayaan untuk pertumbuhan dan keunggulan kompetitif.

“Di tengah lanskap perkembangan teknologi yang pesat saat ini, Indonesia telah tumbuh menjadi salah satu negara yang mengalami transformasi pesat. Misalnya, perkembangan paling tren seperti AI telah muncul dan banyak bisnis di sini mulai menerapkannya. Hal ini membuka peluang baru bagi pelaku industri dan juga penjahat dunia maya,” kata Donnny, Selasa (21/5/2024).

BACA JUGA: 4 Alasan Teknologi Analog Berusia Puluhan Tahun Masih Terus Diminati

Kaspersky Next adalah solusi keamanan siber baru yang mencakup perlindungan titik akhir dengan kemampuan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) kemudian menggabungkan EDR dan XDR untuk berbagai ukuran bisnis dan industri.

Dengan fitur seperti visibilitas, kontrol, respon cepat, dan perburuan ancaman yang proaktif, EDR dan XDR membantu perusahaan melawan serangan yang lebih umum dan canggih. Solusi ini bersifat deployment-agnostic, memungkinkan instalasi baik di cloud maupun on-premise, dan dapat dikelola melalui konsol yang disederhanakan atau tingkat perusahaan untuk kontrol lebih terperinci.

Produk ini hadir unyuk membantu perusahaan membangun fungsi keamanan siber yang penting, melindungi dari berbagai ancaman seperti ransomware, malware, dan pelanggaran data, serta serangan rantai pasokan dan kerentanan lainnya.

Dengan fitur otomatisasi seperti pemantauan dan pemblokiran cloud, manajemen kerentanan dan patch, serta playbook yang membantu deteksi dan remediasi ancaman, produk ini juga mengurangi beban kerja tim keamanan siber.

BACA JUGA: Kaspersky Deteksi 50 Juta Ancaman Lokal di RI Sepanjang 2023

Lini produk Kaspersky Next sendiri terdiri dari tiga tingkatan yakni:

1. Kaspersky Next EDR Foundations yang memberikan perlindungan titik akhir dengan kontrol keamanan yang fleksibel, cocok untuk perusahaan dengan keamanan yang dikelola oleh departemen TI.

2. Kaspersky Next EDR Optimum menawarkan perlindungan titik akhir dengan fungsionalitas EDR penting, kontrol tingkat lanjut, dan manajemen patch, cocok untuk perusahaan dengan tim keamanan skala kecil.

3. Kaspersky Next XDR Expert mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber, memberikan visibilitas real-time dan deteksi ancaman tingkat lanjut, cocok untuk perusahaan dengan tim SOC berpengalaman.

Produk ini dirancang agar kompatibel dengan solusi dan layanan Kaspersky lainnya, memungkinkan perusahaan untuk bermigrasi antara tingkatan produk sesuai kebutuhan keamanan siber mereka.

Dengan meningkatnya permintaan akan perlindungan keamanan siber yang lebih komprehensif, produk ini diklaim siap membantu perusahaan menghadapi tantangan dan melindungi aset mereka dengan lebih baik.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related