Gandeng Microsoft, BRI Perkuat Inklusi Keuangan di Indonesia

marketeers article
Ilustrasi kantor BRI. (FOTO: BRI)

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggandeng Microsoft untuk memanfaatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) demi mendukung inklusi keuangan di Indonesia. Meski begitu, perseroan tetap menyediakan layanan tatap muka karena banyak nasabah yang membutuhkannya.

“Oleh karena itu, di BRI kami mengembangkan teknologi yang dihumanisasi, sehingga mampu memberikan rasa aman, nyaman, dan yang terpenting membangun trust,” kata Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M Nugraha dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (8/5/2024).

BACA JUGA: Drakor Lim Ji Yeon, Pacar Lee Do Hyun yang Disebut di Baeksang Award

Sebelumnya pada 24 April 2024, BRI dan Microsoft telah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama. Melalui kemitraan tersebut, BRI makin memperkaya inovasi dan solusi digital berbasis AI untuk meningkatkan operasional, pelayanan, dan pengalaman nasabah dalam menggunakan produk.

Bersama Microsoft, BRI akan melakukan modernisasi platform conversational banking BRI, modernisasi manajemen workload IT BRI, eksplorasi teknologi kolaboratif untuk penguatan pangsa pasar BRI, peningkatan kapabilitas digital, IT hingga kemampuan teknis pekerja BRI.

BACA JUGA: OCBC Kembali Gelar Premium Music Experience, Ada David Foster hingga Jessie J

Oleh sebab itu, kolaborasi BRI dan Microsoft menitikberatkan pada pentingnya adopsi AI salah satunya melalui adopsi teknologi GPT melalui Azure OpenAI Service untuk Chatbot Sabrina milik BRI. Teknologi tersebut memungkinkan Chatbot Sabrina belajar bahasa daerah dan berbagai gaya bahasa Indonesia, sehingga mampu berinteraksi dengan query yang lebih kompleks.

Hasilnya, Chatbot Sabrina kini menampung lebih dari 38% load traffic Call Center BRI. Sebelumnya melalui BRIBRAIN, BRI juga memanfaatkan kekayaan big data-nya untuk meningkatkan performa AgenBRILink dan tenaga pemasar BRI sebagai ujung tombak inklusi keuangan.

BACA JUGA: 8 Tips dan Trik Merintis Bisnis Sendiri bagi Pemula

BRIBRAIN dapat memberikan insight mengenai nasabah yang berpotensi diakuisisi sebagai agen, rekomendasi agen-agen untuk dinaikkelaskan, hingga rekomendasi leads untuk akuisisi debitur mikro. Arga juga menjelaskan bagaimana BRIBRAIN mengadopsi Generative AI dan Cognitive Search untuk meningkatkan kerja frontliner, seperti customer service dan agen call center BRI melalui platform WISE (Working Instruction Search Engine).

WISE sendiri mempermudah frontliners untuk mencari informasi dan prosedur dalam menghadapi pertanyaan dan keluhan nasabah, sehingga mempercepat alur informasi dan mengefisienkan pelayanan nasabah. Ke depan, BRI akan terus mengeksplorasi potensi kerja sama dan meningkatkan adopsi teknologi AI dari Microsoft.

Salah satunya untuk peningkatan otomasi pekerjaan dan proses pengembangan. Hal ini diharap dapat mempercepat proses BRI dalam menghadirkan inovasi dan value baru kepada nasabah.

Dengan menggarisbawahi pentingnya inklusi keuangan sebagai fondasi bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif, kemitraan BRI dan Microsoft diharapkan terus menghasilkan terobosan untuk kemudahan akses layanan perbankan bagi lebih banyak nasabah.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related