Hindari Akibat Fatal, Ini 5 Pertolongan Pertama setelah Digigit Ular Welang

marketeers article
Ilustrasi ular welang (Foto: 123rf)

Gigitan ular welang kembali memakan korban. Baru-baru ini, bocah berusia tiga tahun di Sukabumi tewas usai dipatuk ular yang memiliki pola gelang pada sepanjang tubuhnya itu, meski sempat mendapat perawatan di rumah sakit.

Melansir AZ Animals, ular welang termasuk sebagai salah satu ular paling berbahaya di dunia. Bisanya bahkan 15 kali lebih kuat dibanding ular kobra, yang umumnya mengandung racun dengan konsentrasi mencapai 400-500 mg dalam satu kali gigitan.

Racun ular welang sebagian besar terdiri dari neurotoksin. Racun ini mampu menyerang sistem syaraf di mana ketika seseorang tergigit, maka ia akan merasakan mual, muntah, sakit kepala, sakit perut, pusing, dan diare.

BACA JUGA: Baju Super Ketat Kim Kardashian di Met Gala 2024 Bisa Sebabkan 4 Bahaya Ini

Setelah itu, seseorang yang digigit ular welang akan mengalami kelumpuhan dan kejang akibat syaraf yang berhenti. Jika tidak segera diobati, hanya dalam waktu 12 hingga 24 jam, orang tersebut bisa meninggal.

Karena itulah, diperlukan langkah yang tepat sebagai pertolongan pertama setelah digigit ular supaya tidak berakibat fatal. Mengutip Hello Sehat, berikut penjelasannya:

Kurangi Bergerak

Setelah terkena gigitan ular, cobalah untuk tenang dan segera mencari tempat yang aman untuk beristirahat. Usahakan tidak banyak bergerak guna meminimalisasi laju penyebaran bisa semakin cepat.

Posisikan Area Gigitan Lebih Rendah

Selain mengurangi gerakan, seseorang yang digigit ular juga perlu memposisikan area gigitan hewan tersebut lebih rendah daripada posisi jantung. Hal ini bertujuan agar bisa tidak cepat menyebar ke area tubuh lainnya.

BACA JUGA: Mengenal 4 Jenis Penyakit Imunologi dan Neurologi, Sering Tak Terdeteksi

Longgarkan Pakaian

Selanjutnya, hindari penggunaan pakaian atau aksesori yang terlalu melekat pada area sekitar gigitan. Misalnya, hindari penggunaan jam tangan atau gelang agar tidak memperparah kondisi bengkak jika bagian tangan yang digigit ular.

Hindari pula pemasangan torniket langsung untuk menahan aliran darah. Ini dapat dilakukandi bawah 30 menit pertama setelah digigit ular apabila timbul gejala dan tidak ada antivenom menetralkan pengaruh racun di dalam tubuh.

Bersihkan Luka Gigitan

Bersihkan luka gigitan dengan air dan sabun untuk mencegah infeksi di kulit. Namun, hindari membersihkannya dengan menggunakan alkohol maupun mengompresnya dengan air panas atau es.

Tutup Bagian Luka

Setelah bagian luar gigitan ular dibersihkan, tutup bagian luka gigitan dengan kain atau perban kering yang bersih. Bila perlu, tandai bagian yang bengkak dan catat waktu saat mendapat gigitan.

Itulah beberapa langkah pertolongan pertama ketika digigit ular. Setelah melakukannya, segera bawa orang yang digigit ular itu ke fasilitas kesehatan terdekat agar mendapat penanganan yang tepat.

Related