Indo Intertex Akan Kembali Digelar, Kampanyekan Sustainability

marketeers article
Indo Intertex 2024 kembali digelar. (Sumber: Marketeers/Ratu)

Peraga Expo akan kembali menggelar Indo Intertex, pameran tekstil dan garmen di Asia Tenggara pada pertengahan Maret 2024 di Jakarta International Expo. Gelaran acara yang akan diadakan pada 20-23 Maret 2024 ini melibatkan lebih dari 600 perusahaan dari 16 negara yang akan menampilkan teknologi dan inovasi terbarunya

Direktur Peraga Expo Paul Kingsen menyampaikan pameran tekstil dan garmen ini akan mengangkat kampanye sustainability dengan tujuan untuk mengurangi sampah tekstil.

“Indo Intertex memainkan peran penting bagi para pelaku industri tekstil di Indonesia karena menjadi satu-satunya wadah yang kredibel untuk merintis, memperluas hingga memimpin transformasi sektor tekstil dan garmen lokal dengan memperkenalkan teknologi baru dari dunia,” kata Paul Kingsen dalam sesi konferensi pers di Jakarta pada Selasa (5/3/2024).

BACA JUGA Banjir Impor, Pengusaha Tekstil Lokal Sulit Jual 1,5 Juta Meter Bahan

Hal tersebut karena para perusahaan yang terdaftar akan menyuguhkan teknologi dan inovasi terbaru dari mesin tekstil, garmen dan digital printing, bahan baku, teknologi digitalisasi, kimia tekstil, serta pewarna tekstil dan aksesori.

Selama periode pameran, INDO INTERTEX 2024 juga akan menghadirkan rangkaian sesi informatif dan mendidik tentang tren dan teknologi terkini di industri tekstil dan garmen yang dikemas dalam berbagai seminar. Acara ini akan diselenggarakan bersama asosiasi dan juga komunitas pendukung yang akan membahas berbagai tema menarik, yang akan dihadiri para pakar dan ahli tekstil dari pemerintah, asosiasi, dan juga peserta pameran.

Menariknya, Indo Intertex tahun ini bekerja sama dengan komunitas untuk membuat program kreatif dalam bentuk kompetisi reworks, seperti mengubah yang biasa menjadi luar biasa dengan materi pakaian bekas pakai untuk para mahasiswa, khususnya mahasiswa fashion.

BACA JUGA Apa itu Circular Fashion? Solusi untuk Kurangi Limbah Tekstil

Tentunya, akan ada banyak lagi program lain yang diselenggarakan, buah dari kolaborasi dengan komunitas-komunitas kreatif lainnya. Paul menambahkan pihaknya menargetkan akan ada 12.000 pengunjung dari kalangan profesional maupun pelajar yang akan hadir memadati area pameran Indo Intertex 2024.

Para pengunjung dapat mengakses area pameran secara gratis dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui link http://indointertex.com/visitor-registration/. Beberapa nama besar di industri tekstil yang berpartisipasi di pameran tahun ini, antara lain AGANSA, SIGMA, APR hingga LENZING . 

Teknologi-teknologi yang diperkenalkan adalah teknologi massive yang mendukung konsep industri ramah lingkungan. Penting bagi pelaku bisnis industri TPT untuk hadir di acara ini guna meningkatkan wawasan mengenai tren, inovasi dan, teknologi terbaru dalam industri tekstil dan garmen serta memperluas jaringan bisnis melalui program B2B match making

Editor: Ranto Rajagukguk

Related