JINISO Sukses Hadirkan Jeans Lokal yang Disukai Gen Z

marketeers article

JINISO, merek jeans lokal hadir meramaikan pasar fesyen anak muda, terutama Generasi Z (Gen Z). Pasar Gen Z dianggap potensial karena secara demografi jumlah generasi ini makin mendominasi. 

Dian Fiona, Co-founder JINISO melihat ada celah bagi mereknya masuk ke pasar jeans lokal dengan segmen anak muda. Apalagi, JINISO yang merupakan akronim dari Jeans Indonesia tersebut menawarkan jeans dengan kualitas dan harga terbaik di pasar.  

BACA JUGA: Marketeers Youth Choice Award 2024: Ini Merek-Merek Pilihan Gen Z

“Tahun 2019 ketika saya melihat momentum bisnis online sedang berkembang pesat, belum ada brand jeans yang menjadi favorit anak muda di Indonesia dengan kualitas yang bagus dan harga terjangkau,” kata Dian kepada Marketeers

Harus diakui, pasar jeans lokal diisi dengan merek-merek yang sudah lebih dulu hadir dan telah memperoleh pasar. Namun, Dian telah menganalisis bahwa anak muda membutuhkan jeans yang tidak kaku.  

BACA JUGA: Matriks Terpenting Marketing, Merek Harus Bertumbuh

Ini didasari dari banyaknya anak muda yang menyukai musik K-Pop dan ingin tampil tetap gaya sambil menirukan dance boyband dan girlband kesukaan mereka. Sebab itu, JINISO menghadirkan diferensiasi dengan memproduksi jeans yang aktif bergerak untuk segala aktivitas. 

“Anak muda sangat dinamis dan aktif, namun jeans lokal yang dihadirkan pada saat itu sangat kaku dan belum memberikan kenyamanan bagi aktivitas anak muda,” ujarnya. 

Untuk membangun brand awareness ke Gen Z, JINISO sudah melakukan sejumlah kampanye yang salah satunya mendukung komunitas dancer K-Pop lewat endorsement, produksi video dance, hingga dukungan ke ajang perlombaan dance internasional. Di sisi lain, JINISO membangun komunitas Gen Z yang diharapkan meningkatkan value merek. 

Oleh karena itu, platform Jiniso Entertainment dihadirkan untuk memproduksi konten-konten digital yang selaras dengan karakter Gen Z yang memang sudah digital native.  

“Berdasarkan brand archetype JINISO mengambil posisi sebagai explorer dan jester. JINISO aktif melakukan kolaborasi dengan artis-artis Gen Z yang disukai, menciptakan konten-konten kreatif yang relatable dan solutif,” ucapnya. 

Lewat taktik pemasaran yang fokus ke Gen Z, JINISO memperoleh penghargaan dalam ajang Marketeers Youth Choice Award (YCA) 2024 dalam kategori Content Marketing to Gen Z. JINISO dianggap sukses menghasilkan konten-konten yang disukai Gen Z sehingga berdampak langsung bagi merek, baik berupa brand awareness hingga penjualan. 

Di sisi lain, kampanye SuperJeans SuperWoman yang dijalankan JINISO direspons positif para anak muda. Kampanye yang fokus memberikan edukasi bagi perempuan muda ini bekerja sama dengan Shopee untuk memberikan kelas singkat dalam berbisnis afiliasi.  

Editor: Ranto Rajagukguk

Related