Kia Movement to Discover, Branding, dan Taktik Penjualan Lewat Pameran

marketeers article
Peluncuran The New Kia Carnival di Kia Movement to Discover di Kota Kasablanka, Jakarta (Foto: Marketeers/Hafiz)

PT Kreta Indo Artha (KIA) tengah rajin menggelar pameran di mal. Aktivitas below the line (BTL) dari agen pemegang merek kendaraan Kia di Indonesia membawa peran strategis bagi perusahaan. 

Bertajuk Kia Movement to Discover, ajang pamer ini membawa misi branding dan mendulang penjualan bagi KIA. “Membuka pameran di mal bukan hal baru. Cara ini banyak dilakukan diler untuk menjemput langsung segmen konsumen tapi bagi kami sebagai APM, tujuan nomor satu adalah branding,” ujar  Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha di Kota Kasablanka, Jakarta pada Rabu (29/5/2024).

Ario menyebutkan, saat ini perusahaan sedang mengelevasi brand Kia dengan beragam strategi branding. Lewat pameran, Kia pun menunjukkan bagaimana brand value dari Kia kini sudah meningkat. 

“Sejak kami memasarkan mobil listrik, kami mulai berbenah diri untuk melayani konsumen yang tak hanya konsumen kendaraan dengan harga ratusan juta tapi juga sampai ke harga hampir Rp 2 miliar lewat EV9. Kia pun menaikkan brand value, dari sisi pelayanan hingga taktik penjualan, termasuk berbenah merenovasi diler kami yang lama,” lanjut Ario. 

BACA JUGA: Strategi Kia Jaga Pasar EV di Tengah Gempuran Merek Cina

Ario menyebutkan juga bahwa segmentasi konsumen Kia kini semakin luas, meliputi konsumen dengan harga kendaraan Rp 300 juta hingga mendekati Rp 2 miliar.

Menurutnya, penggunaan taktik BTL melalui pameran di mal menjadi cara yang efektif untuk menghampiri konsumen dengan spektrum yang luas tersebut. Tentu, misi untuk berjualan secara langsung juga tidak dikesampingkan. 

Launching The New Kia Carnival

Menampilkan beberapa lini produk Kia, di lantai pamer yang terletak di Grand Atrium Kota Kasablanka, Jakarta ini, perusahaan juga memperkenalkan lini terbaru, The New Kia Carnival. 

“Generasi keempat dari Kia Carnival kini mendapatkan penyegaran di berbagai titik. Model facelift ini pun membawa tiga fokus value, yakni premium design, high performance, dan premium fitur untuk seluruh penumpang,” ujar Muhammad Ikbal, Product Planning PT Kreta Indo Artha (KIA).

Mengusung konsep ‘Modern Boldness’ yang terinspirasi dari bahasa desain ‘Opposites United’, The New Kia Carnival kini tampil dengan balutan eksterior yang lebih tegas, sporty, dan modern. 

Pada bagian depan, The New Kia Carnival hadir dengan identitas Tiger Nose Grille baru yang kini membuat tampilannya menjadi lebih fresh.

BACA JUGA: 8 Merek Baru Akan Hadir di GIIAS 2024, Pasar Otomotif Kian Kompetitif

Lampu depan Kia Carnival kini hadir dengan desain baru berbentuk vertikal yang seluruhnya sudah mengadopsi teknologi LED Proyektor dengan High Beam Assist dan dikombinasikan dengan lampu DRL bergaya Star Map Lamp LED.

Pada bagian samping, The New Kia Carnival dibekali dengan desain velg baru yang hadir dengan kombinasi warna two tone. Untuk Kia Carnival 11-seater mengadopsi velg berukuran 18”, sementara Kia Carnival 7-seater hadir dengan diameter velg yang lebih besar, 19”.

Di bagian dalam, The New Kia Carnival kini dilengkapi dengan Panoramic Curved Display yang merupakan perpaduan antara 12,3” Curved Display Premium Cluster dan 12,3” Infotainment Display with Wireless Connection Apple CarPlay & Android Auto. 

Terbenam juga Premium Sound System dari BOSE dengan 12 speakers pada varian Premiere. Pada bagian pengaturan air conditioning, kini sudah mengadopsi tombol pengaturan Infotainment & Climate Switchable Control yang sama seperti tersemat pada Kia EV6.  

Memiliki dimensi panjang 5,1 meter, The New Kia Carnival tetap mengandalkan mesin Diesel Smartstream Engine D berkapasitas 2.200 cc CRDi yang mampu menghasilkan tenaga 194 PS dan torsi maksimum 441 Nm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke penggerak 2 roda depan melalui transmisi otomatis 8-percepatan.

The New Kia Carnival juga sudah dilengkapi dengan 4 modus berkendara, yakni ECO, Comfort, Sport, dan Smart yang dapat dimanfaatkan pengemudi sesuai dengan kebutuhan berkendara.

Versi facelift ini kini tersedia dalam tiga pilihan varian, yakni Premiere 7-seater, Premiere 11-seater, serta Dynamic 11-seater. Untuk pilihan warna, The New Kia Carnival tersedia dalam 4 pilihan warna, Snow White Pearl, Ceramic Silver, Aurora Black Pearl, dan Astra Blue.

Seluruhnya dibanderol dengan harga Rp 960 juta untuk Kia Carnival Dynamic 11-seater, Rp 998 juta untuk varian Premiere 11-seater, dan Kia Carnival Premiere 7-seater seharga Rp 1,155 miliar (on the road DKI Jakarta).

Related