Kraft Heinz Indonesia Usung Program Lingkungan bertajuk JERRYGREEN

profile photo reporter Maida Beryl S
MaidaBeryl S
24 Juni 2022
marketeers article
Kraft Heinz Food Service ajak mitra industri HORECA kelola jerigen bekas lewat program JERRYGREEN (Sumber: Kraft Heinz Indonesia)
PT Heinz ABC Indonesia (Kraft Heinz Indonesia) melalui channel penjualannya Kraft Heinz Food Service Indonesia menginisiasi program peduli lingkungan bertajuk ‘JERRYGREEN’. Dalam pelaksanaan program JERRYGREEN, Kraft Heinz Food Service bekerja sama dengan perusahaan pengelola sampah Waste4Change.
Program JERRYGREEN menjadi cara Kraft Heinz Food Service Indonesia dalam mengajak serta memfasilitasi para pelaku industri HORECA (Hotel, Restoran, Cafe) untuk meningkatkan pengelolaan daur ulang kemasan jerigen plastik HDPE bekas pakai. Tercatat, Kraft Heinz Food Service telah menggandeng 12 mitra hotel dan restoran serta dua distributor yang tersebar di area Jakarta.
“Dengan membawa misi Let’s Make Life Delicious, kami berkomitmen untuk terus mengembangkan bisnis secara berkelanjutan dan menghadirkan dampak positif. Program JERRYGREEN menjadi langkah awal bagi kami untuk memperkuat komitmen tersebut. Untuk mewujudkan program ini, kami membutuhkan kolaborasi dari para mitra bisnis untuk bersama-sama membangun sinergi positif bagi lingkungan,” ungkap Steven Debrabandere, Managing Director Kraft Heinz Indonesia & Papua New Guinea dalam acara press conference Peluncuran Program JERRYGREEN Kraft Heinz Indonesia di Jakarta, (23/6/2022).
Program JERRYGREEN ini akan berfokus pada upaya peningkatan pengumpulan (collection) kemasan jerigen dari produk-produk Heinz ABC yang digunakan oleh para pelaku industri HORECA untuk didaur ulang (recycle) oleh Waste4Change. Proses pengumpulan tersebut akan dilakukan oleh mitra distributor, yakni Cahaya Inti Putra Sejahtera & Kartika Distrindo.
Proses daur ulang jerigen plastik bekas akan dilakukan di Rumah Pemulihan Material milik Waste4Change. Proses tersebut dimulai dari proses pembersihan dan pemotongan, kemudian disalurkan kepada mitra pendaur ulang plastik HDPE yaitu PT Elite Recycling Indonesia (PT ERI) untuk diproses menjadi bahan baku daur ulang produk selanjutnya.
“Kami mempertegas peran kami dalam pengelolaan kemasan yang bertanggung jawab demi menciptakan lingkungan dan bisnis berkelanjutan. Semoga semakin banyak yang terinspirasi dengan gerakan ini sehingga dapat bersama-sama menghadirkan dampak positif bagi bisnis yang berkelanjutan dan bagi lingkungan,” ujar Joanna Sudharta, Head of Kraft Heinz Food Service Indonesia dalam keterangan yang sama.
Program JERRYGREEN akan berlangsung selama 12 bulan ke depan. Kraft Heinz Food Service menargetkan setidaknya 5.000 kemasan jerigen plastik HDPE bekas pakai dari produk-produk Heinz ABC dari mitra HORECA yang tergabung dapat terkumpul untuk di daur ulang. 
“Kami berharap program ini menjadi awal yang baik dan dapat menginsipirasi terciptanya gerakan yang lebih besar. Sehingga, dapat mendukung terlaksananya praktik ekonomi sirkular yang optimal,” pungkas Steven.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related