Lagi, Penjualan Apple Kalahkan Samsung di Segmen Ponsel Premium

marketeers article
Ilustrasi produk Samsung dan Apple. (FOTO: 123RF)

Kontestasi Apple vs Samsung sudah menjadi rivalitas yang tercipta sejak era telekomunikasi masuk menjadi ponsel pintar. Hingga kini, dua brand ternama dalam dunia smartphone ini masih terus beradu kecanggihan produk masing masing, terutama di segmen premium smartphone.

Bila mengacu pada spesifikasi dan fitur, maka tidak akan selesai untuk membahas kecanggihan kedua perangkat dari dua merek tersebut. Mau diadu dari aspek apapun, kedua merek memiliki fans militan yang tidak hanya siap membela reputasi merek, namun juga menjadi stand by buyers.

Karenanya, untuk membahas dua merek tersebut, penjualan premium smartphone kedua vendor itu bisa menjadi acuan yang pas. Keduanya rupanya sama-sama memiliki model smartphone terlaris di dunia.

BACA JUGA: Kejar Ketertinggalan, Apple Diprediksi Akan Produksi iPhone Lipat

Dari laporan Counterpoint’s Global Monthly Handset Sales (Self-Through) Tracker, March 2024, terbukti bahwa dalam penjualan ponsel premium, model milik Apple unggul melawan Samsung.

Kuartal pertama tahun 2024, lima model smartphone milik Apple berada dalam sepuluh besar ponsel terlaris di seluruh dunia. Laporan itu mengungkap, iPhone 15 Pro Max meraup pangsa pasar global dengan persentase sebanyak 4,4%, diikuti iPhone 15 dengan persentase 4,3%.

Kemudian, urutan ketiga diisi oleh iPhone 15 Pro dengan persentase 3,7%, dan diikuti iPhone 14 dengan 1,9%.

BACA JUGA: OPPO, Samsung dan Xiaomi Jadi 3 Besar Merek HP Terlaris di Awal 2024

Model yang tak kalah laris selanjutnya adalah iPhone 15 Plus, yang menempati urutan kedelapan dengan persentase 1,3%.

Samsung juga tak mau kalah. Lima model smartphone miliknya masuk jajaran ponsel pintar terlaris di seluruh dunia.

Model terlaris dari Samsung saat ini adalah Galaxy S24 Ultra, yang meraup persentase pasar smartphone global sebanyak 1,9% dan berada di urutan kelima. Penjualan itu diikuti oleh model Galaxy A15 5G yang meraup pangsa pasar global 1,5%.

Model smartphone Samsung yang laris selanjutnya diikuti oleh Galaxy A54 dengan persentase 1,4%. Ponsel pintar flagship Samsung lainnya yang masuk klasemen adalah Galaxy S24 dengan persentase 1,0% di urutan kesembilan. Sayangnya, model Galaxy S24 Plus tidak masuk dalam daftar ini.

Terakhir adalah Galaxy A34 dengan persentase 1,0%.

BACA JUGA: Samsung S25 Bakal Pakai AI Baru Buatan Google

Pada kuartal pertama tahun 2023, Apple juga masih bercokol di empat besar dengan empat model iPhone-nya. Model flagship Samsung yang masuk dalam jajaran ini hanyalah Galaxy S23 Ultra.

Rivalitas Apple vs Samsung dilihat dari model premium smartphone. tentu mengukuhkan Apple dalam hal ini. Namun, secara keseluruhan produk di semua segmen, pada kuartal pertama tahun 2024, Samsung kembali merebut tahta sebagai penjual smartphone terbanyak di dunia.

Sementara di Indonesia, penjualan smartphone terbanyak di Indonesia selama kuartal pertama 2024 dikuasai oleh OPPO, Samsung, dan Xiaomi.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related