Consumer Goods

Lima Cara Taobao Bangkitkan Kreativitas Anak Muda

Sejak 30 Juli 2020 lalu Alibaba Group resmi memulai serangkaian acara Taobao Maker Festival (TMF) 2020. Acara tahunan ini merupakan bentuk dukungan Alibaba Group dan Taobao untuk mendukung kreativitas para kreator muda dan pengusaha UMKM. Diadakan sejak tahun 2016, TMF dikenal sebagai festival perayaan inovasi dan kreasi anak muda terbesar di China dan global. Beragam aktivasi diselenggarakan selama gelaran TMF Selalu ada hal baru yang dihadirkan oleh TMF bazar offline, konser musik, pameran teknologi, dan fashion show.

TMF 2020 memiliki keunikan tersendiri dalam memberikan inspirasi bagi anak muda China, terutama kalangan Gen-Z untuk mengekspresikan diri melalui karya. Mulai dari tema, sistem penilaian baru, roadshow, hingga pameran virtual.

“Anak-anak muda ini bergabung ke Taobao untuk mendirikan toko dan membangun bisnis mereka sendiri. Mereka ingin memperkenalkan hasil karya mereka dan berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Hal ini jauh lebih berharga dari sekedar transaksi jual-beli. Para kreator ini saling berkenalan, membentuk komunitas-komunitas dan membagikan inspirasi mereka,” ujar Chris Tung, Chief Marketing Officer Alibaba Group.

Berikut adalah lima cara unik Taobao Market Festival 2020 dalam mendukung kreativitas dan inovasi anak muda:

Hadirkan kreasi dan inovasi melalui konsep ‘New Blood’

Selain sebagai marketplace, Taobao telah menjadi komunitas bagi kreativitas anak muda. Data pada tahun 2019 menunjukan bahwa terjadi peningkatan transaksi sebesar 2,7 miliar kali dibandingkan tahun sebelumnya pada segmen konsumen usia 20-29 tahun. Selain itu, mayoritas pengguna Taobao adalah pembeli yang lahir pada tahun 1990-an. Pergeseran tersebut menunjukkan bahwa tren di masa depan akan didominasi oleh para creator muda yang ingin mengekspresikan diri melalui karya-karya mereka.

Berangkat dari tren tersebut, TMF tahun ini mengangkat tema “New Blood” atau ‘darah baru’, dengan memberikan fokus khusus kepada creator baru dan muda yang ada di platform Taobao. Diikuti oleh lebih dari 150 kreator muda, TMF 2020 diharapkan menjadi wadah bagi para merchant memamerkan inovasi dan ide, serta menjadi tempat bagi untuk bertukar pikiran dan berdiskusi, atau bahkan berkolaborasi untuk menghadirkan inovasi baru selepas acara.

Totalitas dalam gamifikasi

Gamifikasi menjadi hal yang marak digunakan oleh pelaku e-commerce. Tidak ketinggalan, TMF 2020 menggabungkan pengalaman gamifikasi dan berbelanja lebih jauh lagi melalui fitur Taobao Life yang terdapat pada platform Taobao. Pengguna dapat membuat dan menghias avatar masing-masing, mengumpulkan poin yang bisa digunakan untuk berbelanja, dan mengumpulkan item khusus Taobao Maker Festival 2020.

Pengguna juga dapat menggunakan avatar untuk menjelajahi pameran virtual TMF. Di pameran virtual, ada enam panggung dengan tema berbeda-beda yang bisa dijelajahi oleh pengguna yakni On-Trend China, ACGN & Animal Bliss, Glorious Gadgets, Cool & Chic, Ark of New Generation Tech, dan Foodie Wonderland. Para pengguna juga dapat berinteraksi langsung dengan avatar selebriti masing-masing panggung, membeli produk yang dipamerkan, dan mengoleksi berbagai item virtual untuk berkreasi dengan avatar mereka.

Terapkan konsep omnichannel

Tidak hanya memberikan pengalaman baru melalui pameran virtual, TMF 2020 mengadakan roadshow untuk menjangkau komunitas lokal di berbagai kota besar di China. Sebuah truk karavan bertingkat disulap menjadi mobile pop-up store dan berkeliling kota-kota besar di China, termasuk Hangzhou, Xi’an, Chengdu, dan Wuhan. Di setiap kota yang disinggahi, diadakan pula pameran mini dengan tema berdasarkan keunikan masing-masing kota. Di satu sisi ini menjadi kesempatan bagi merchant untuk memamerkan produk baik secara langsung maupun secara live streaming.

Kreativitas tanpa batas

Dari tahun ke tahun, TMF dikenal sebagai perhelatan yang memamerkan berbagai kreasi unik para merchant Taobao. TMF selalu dipenuhi oleh kreasi-kreasi unik nan out of the box dan kerap kali hanya ditemukan pada film-film fiksi, seperti C-Exoskeleton Technology yang bisa membuat manusia biasa mengangkat mobil dengan mudah, sepatu olahraga yang terbuat dari lego karya dari DUH!, gantungan koper dari bahan bekas pesawat dari Hangkong Wuyu (Aviation Story), pemutar rekaman vinyl terkecil di dunia Tinyl, serta Liu’s Flysuit, sebuah jubah yang terinspirasi dari tokoh fiksi Iron Man. Uniknya, semua barang-barang tersebut bisa ditemukan dan dibeli di platform Taobao.

Padukan unsur tradisional hingga kekinian

Elemen tradisional menjadi salah satu kategori yang memiliki popularitas paling tinggi di Taobao dan menjadi sorotan selama gelaran TMF. Pada tahun 2019, puluhan juta anak muda melakukan pencarian untuk kategori produk-produk tradisional, mulai dari hal-hal terkait Forbidden City atau Kota Terlarang, hingga kostum tradisional China, Hanfu. Di tahun yang sama, TMF 2019 juga menghadirkan Haute Couture Hanfu yang dihargai senilai RMB 100 ribu atau setara dengan US$ 14.350.

Pada TMF 2020, elemen tradisional China kembali menjadi sorotan dengan menghadirkan berbagai merchant yang menggabungkan unsur tradisional dengan unsur modern, untuk meningkatkan ketertarikan pembeli muda terhadap budaya tradisional China. Salah satunya adalah Liuxiyanling Hanfu, yang menghadirkan hanfu dengan unsur modern seperti berbahan kulit, desain modern, dalam model pakaian yang bisa digunakan sehari-hari seperti untuk berolahraga, hingga acara khusus seperti pernikahan.

MARKETEERS X








To Top