Malware Makin Canggih, Palo Alto Networks Perbarui Perangkat Lunak

profile photo reporter Bernadinus Pramudita
BernadinusPramudita
23 November 2022
marketeers article
Malware Semakin Canggih, Palo Alto Networks Perbarui Perangkat Lunak (FOTO: 123RF)

Perusahaan keamanan siber Palo Alto Networks mengumumkan peluncuran PAN-OS® 11.0 Nova, versi terbaru dari perangkat lunak PAN-OS. Peluncuran PAN-OS® 11.0 Nova ini menghadirkan lebih dari 50 pembaruan dan inovasi, seperti Advanced WildFire®, layanan keamanan baru berbasis cloud yang memberikan perlindungan terhadap serangan malware yang sulit terdeteksi, serta layanan Advanced Threat Prevention (ATP) yang sekarang melindungi dari serangan injeksi zero-day.

“Kami melihat adanya peningkatan signifikan dalam sampel malware unik selama setahun terakhir seiring dengan meningkatnya kecanggihan malware. Versi ini menghentikan malware zero-day 26% lebih banyak dibanding teknologi sandbox tradisional; mendeteksi 60% lebih banyak serangan injeksi, menyederhanakan arsitektur keamanan, dan membantu organisasi menerapkan praktik keamanan siber terbaik. Intinya adalah bahwa Nova membantu organisasi berada selangkah di depan para penyerang,” kata Anand Oswal, Senior Vice President, Network Security, Palo Alto Networks dalam siaran persnya, Rabu (23/11/2022).

BACA JUGA: LaReine Scarves Luncurkan Dua Koleksi Hijab Perdananya

Malware modern memiliki kemampuan mengenali dan menghindar dari teknologi deteksi sandbox. Untuk mengatasi masalah ini, sandbox perlu terus dikembangkan agar dapat menggagalkan teknik penghindaran yang kebal analisa. Layanan Advanced WildFire yang baru merupakan pengembangan atas hypervisor khusus yang diperkuat untuk memperkenalkan kemampuan baru yang luar biasa.

Beberapa kemampuan yang ditawarkan misalnya analisis cerdas akan memori run-time yang dikombinasikan dengan pengamatan senyap serta pembongkaran otomatis agar tetap tersembunyi dari malware dan menggagalkan penghindaran malware tingkat lanjut. Kemampuan baru ini memungkinkan Advanced WildFire untuk menghentikan malware zero-day lebih baik daripada sandbox tradisional.

BACA JUGA: HMD Global Rilis Nokia C31, C21 Plus, dan T21 ke Pasar Indonesia

Keamanan ini juga dilengkapi dengan Palo Alto Networks AIOps yang membantu mengurangi kesalahan konfigurasi yang dapat menyebabkan pelanggaran keamanan. AIOps, yang diluncurkan pada awal tahun ini, sekarang memproses 29 miliar metrik setiap bulannya di 50.000 firewall, dan secara proaktif menginformasikan 24.000 kesalahan konfigurasi dan masalah lainnya kepada pelanggan untuk diselesaikan setiap bulan. 

Dengan Nova, AIOps bahkan lebih proaktif, melindungi dari pelanggaran best practices dan memungkinkan perbaikan ketidakefisienan dalam security policies sebelum melakukan perubahan, sehingga membantu organisasi memperkuat pertahanan terhadap serangan siber. Selain semua pembaruan perangkat lunak PAN-OS, rangkaian ML-Powered NGFW generasi ke-4 yang baru membawa berbagai kapabilitas baru tersebut dengan kinerja hingga lima kali lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. 

Firewall perangkat keras baru juga menghadirkan fleksibilitas melalui ketersediaan konektivitas fiber dan Power over Ethernet (PoE) ke cabang-cabang kecil.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related