Lifestyle

Mengintip Tren Make Up dari Masa ke Masa

Sumber: Social Bella

Tren tampilan make up terus berubah. Banyak hal yang mempengaruhi perubahan ini, sebut saja perkembangan zaman, perubahan tren warna, hingga pengaruh kultur baru. Social Bella, beauty-tech asal Indonesia pun sepanjang tahun 2020 banyak membagikan tren make up dan berhasil populer di kalangan beauty enthusiast di Indonesia.

Selama lima tahun, Social Bella merangkum data dari seluruh ekosistem kecantikannya untuk melihat perjalanan tren make up. Tren ini menjadi hal yang penting dalam industri karena bisa menjadi rekomendasi belanja bagi beauty enthusiast sekaligus menjadi cara merek untuk mengembangkan produknya.

“Ekosistem kecantikan Social Bella berupaya melihat tren make up selama lima tahun terakhir lewat platform kami yang terintegrasi. Kami berusaya melihat minat beauty enthusiast berdasarkan tren kecantikan yang berkembang dan tren mana yang menjadi favorit mereka,” kata Chrisanti Indiana, Co-Founder dan CMO Social Bella.

Dalam upaya melihat tren make up ini, Social Bella menggandeng Archangela Chelsea, Make Up Director Social Bella. Menurutnya, pergerakan tren make up selama lima tahun terakhir begitu variatif dan menyentuh hampir keseluruhan bagian wajah.

Dari perjalanan tren yang terjadi, Chelsea menyampaikan bahwa perkembangan tren terbesar adalah kiblat tampilan make up yang bergeser dari gaya Amerika menjadi ke arah gaya Asia, terutama Korea Selatan dan Jepang. Tidak hanya pada gaya tampilan tapi juga pilihan warna lipstik dan eyeshadow. Tidak hanya itu, make up natural juga menjadi highlight dari perjalanan industri kecantikan dalam lima tahun terakhir.

“Tahun 2021, tren make up pun akan mengarah kepada tampilan minimalis yang mengombinasikan fungsi hidrasi dan pelembab. Maka dari itu kini mulai berkembang tren cream skin,” ungkap Chelsea.

Social Bella kemudian lebih rinci melihat perkembangan tren make up popular di Indonesia. Di mulai dari tahun 2015, tahun ini pengaruh gaya make up Amerika masih terasa kuat apalagi dengan tren make up ala selebritas Kylie Jenner. Tahun 2015 menjadi salah satu tahun dengan rekomendasi make up bold dengan bibir tebal dan penggunaan concealer untuk memberikan tampilan yang sempurna.

Bergerak ke tahun 2016, tren make up tahun ini produk cushion mulai populer di pasar karena sifatnya yang praktis dan memberikan coverage sempurna. Pada tahun ini juga tren make up ala Asia mulai naik daun. Negara Korea Selatan menjadi salah satu penggagas tampilan make up yang segar dan natural.

Tahun 2017 tren make up dikuasai oleh tampilan glass skin dan dewy look yang lagi-lagi berasal dari Korea Selatan. Tahun ini, bulu mata yang lentik dan lebat tanpa menggunakan bulu mata palsu juga berkembang. Hingga muncul berbagai produk lash lift dan lash serum. Sejumlah produk pun mulai mengembangkan multifungsi seperti menggunakan produk lipstik untuk eyeshadow dan blush on.

Bergeser ke tahun 2018, glitter kembali naik daun diiringi dengan penggunaan warna-warna lembut seperti rosy dan coral. Pada tahun ini, kesan feminin pada make up menjadi tren yang menonjol. Tren ini pun berlanjut pada tahun 2019. Hanya saya, di tahun ini tampilan make up lebih mewah dengan warna-warna emas dan metalik. Perngaruh make up ala Jepang sangat besar pada tahun ini.

Terakhir, pada tahun 2020 tren make up berubah drastis dengan menurunnya kegiatan luar ruang dan penggunaan masker akibat pandemi. Pada tahun ini, mata menjadi fokus dalam penampilan hingga menaikkan lagi tren foxy eyes make up dan floating eyeliner. Pada tahun ini juga beauty enthusiast lebih kreatif dalam bereksperimen, terutama memadukan masker, pakaian, dan make up agar serasi. Dari sisi produk pun, efek transferproof dan make up yang tahan lama menjadi hal yang dicari.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

Most Popular








To Top