Penonton Piala Dunia Bakal Tembus 180 Juta, Ini yang Harus Dilakukan Brand

profile photo reporter Tri Kurnia Yunianto
TriKurnia Yunianto
21 September 2022
marketeers article
FIFA World Cup Qatar 2022. Sumber gambar: 123rf
Perusahaan periklanan, The Trade Desk mengeluarkan hasil riset yang terbaru terkait dengan tren penonton olahraga sepak bola menjelang perhelatan akbar Piala Dunia 2022 atau FIFA World Cup di Qatar. Ajang empat tahun sekali yang digelar pada 21 November 2022 diperkirakan akan menyedot perhatian 180 juta pecinta bola di seluruh Indonesia.
Purnomo Kristanto, General Manager The Trade Desk Indonesia mengungkapkan, jika dibandingkan dengan penonton Piala Dunia edisi 2018, terjadi peningkatan jumlah penonton Piala Dunia sebanyak 24 juta orang. Angka tersebut setara dengan 9% pertumbuhan dibandingkan dengan edisi sebelumnya.
“Ini merepresentasikan kesempatan yang berharga bagi pengiklan. Menurut studi tersebut, hampir delapan dari 10 atau 78% orang Indonesia adalah penggemar sepak bola yang aktif. Mereka mengikuti berita dan acara sepak bola setiap seminggu sekali atau lebih,” kata Purnomo dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (21/9/2022).
Dari penuturan Purnomo, kegiatan yang berlangsung sejak 21 November hingga 18 Desember 2022 ini merupakan momentum yang tepat bagi para brand untuk memasang iklan. Apalagi, kegiatan tersebut digelar bertepatan dengan musim belanja akhir tahun di Indonesia.
Agar dapat mengoptimalkan potensi itu, brand harus mengaktifkan strategi omnichannel selama turnamen berlangsung. Pasalnya, para penonton akan mengakses informasi terbaru mengenai Piala Dunia melalui berbagai media baik itu internet, sosial media, maupun media cetak.
“Studi ini menggarisbawahi kesempatan emas yang dimiliki pengiklan untuk mencipatakan sinergi antara musim belanja tahunan dan turnamen sepak bola global untuk memaksimalkan dampak kampanye mereka. World Cup tahun ini bukan hanya sebuah perhelatan olahraga ikonik, acara ini menyediakan momentum bagi brand untuk terhubung dengan audiens yang sangat aktif,” ujarnya.
Purnomo menambahkan, pada Piala Dunia tahun ini televisi masih menjadi saluran yang paling favorit dalam menonton pertandingan dengan kontribusi sebesar 64%. Lalu, sebanyak 55% masyarakat Indonesia menyaksikan tayangan olahraga melalui lebih dari satu perangkat.
“Di antara penggemar olahraga Indonesia, angka ini meningkat 61% yang menandakan bahwa mayoritas penggemar olahraga sering berinteraksi dengan beberapa perangkat. Mereka memeriksa skor pertandingan sebanyak 78% dan mencari informasi di internet ketika menonton pertandingan sebanyak 72%,” pungkasnya.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related