Peringati Hari Lupus Sedunia dengan Mengenal 6 Gejala Awalnya

marketeers article
Ilustrasi diagnosis lupus (Foto: 123rf)

Tanggal 10 Mei diperingati sebagai Hari Lupus Sedunia. Salah satu cara untuk memperingati momen ini ialah dengan meningkatkan kesadaran akan penyakit lupus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, seperti mengenali gejala awalnya.

Melansir Halodoc, lupus merupakan penyakit inflamasi kronis karena sistem imun tubuh justru bekerja menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Adapun inflamasi yang terjadi akibat lupus bisa menyerang berbagai bagian tubuh, antara lain sel darah dan paru-paru.

Lupus dikenal sebagai ‘penyakit seribu wajah’ lantaran gejalanya mirip dengan gangguan lain. Karena itulah, perlu mengenal sejumlah gejala awal dari penyakit autoimun ini agar penderitanya bisa mendapat penanganan yang tepat. Berikut ulasannya:

BACA JUGA: 5 Makanan Pantangan bagi Penderita Asma, Perlu Dihindari!

Rasa Lelah Berlebih

Penderita lupus akan lebih sering mengalami lelah yang tidak kunjung hilang, bahkan ketika sudah cukup beristirahat. Munculnya rasa lelah berlebih terjadi akibat respons peradangan saat sel-sel kekebalan tubuh menyerang sel yang sehat. 

Ruam pada Kulit

Ruam kemerahan pada kulit juga menjadi gejala yang sering terjadi. Ini biasanya muncul pada wajah, dimulai dari hidung dan menyebar hingga pipi dengan bentuk menyerupai sayap kupu-kupu, atau bisa juga muncul di bagian tubuh lain yang terpapar sinar matahari.

Nyeri Otot dan Sendi

Nyeri otot dan sendi adalah gejala yang paling sering dirasakan oleh penderita lupus sebagai efek samping dari peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Gejala ini akan membuat otot serta sendi penderitanya menjadi kaku dan sulit digerakkan.

BACA JUGA: Dialami Dorman Borisman, Ini 5 Tanda Kaki Pengidap Diabetes Harus Diamputasi

Mendadak Demam

Penyakit autoimun ini juga dapat ditandai dengan munculnya demam secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Demam yang dialami penderita lupus umumnya ringan sehingga sering dianggap sebagai gejala dari kondisi medis lain.

Sakit Kepala

Penderita gangguan ini juga mungkin akan mengeluhkan sakit kepala dengan tingkat keparahan yang berbeda. Beberapa orang mengalami sakit kepala menyeluruh, namun ada pula yang hanya mengalami sakit kepala sebelah atau migrain.

Sensitif Sinar Matahari

Sebagian besar penderita lupus juga mengalami peningkatan sensitivitas terhadap paparan sinar matahari atau yang disebut dengan fotosensitivitas. Ini bisa menyebabkan munculnya keluhan berupa ruam, demam, hingga nyeri sendi.

Itulah beberapa gejala awal lupus yang kerap dianggap sebagai pertanda dari penyakit lain. Jika Anda atau orang terdekat mengalami hal-hal tersebut, segeralah periksakan ke dokter agar mendapat diagnosis dan penanganan yang tepat.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related