Platform Kursus Online Jadi Incaran Para Profesional dengan Growth Mindset

marketeers article
Platform Kursus Online Jadi Incaran Para Profesional dengan Growth Mindset. (Dok. Mekari University)

Para calon pekerja dan profesional dengan growth mindset makin aktif menggunakan platform kursus online untuk memperdalam pengetahuan dan meningkatkan keterampilan sesuai kebutuhan karier.

Platform kursus online menonjolkan fleksibilitas dan kemudahan akses, memungkinkan peserta mendaftar dan mengikuti berbagai kursus kapan saja dan dari mana saja.

Aryana Jasiman, Vice President of Brand Marketing Mekari menyoroti motivasi para profesional mengikuti kursus online adalah kesadaran bahwa untuk meraih kesuksesan karier, perlu secara konsisten mengembangkan pengetahuan dan keterampilan.

“Pentingnya memiliki growth mindset dalam menghadapi tuntutan profesional di era digital menjadi fokus utama. Platform kursus online memberikan akses ke beragam kursus yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhan pasar,” kata Aryana dalam keterangan tertulis, Selasa (30/1/2024).

BACA JUGA: ChatGPT Jadi Kursus yang Paling Banyak Diminati, Udemy Ungkap Alasannya

Selain motivasi pribadi, banyak profesional juga mendapatkan dukungan dari perusahaan untuk mengikuti kursus online. Kerja sama antara perusahaan dan platform kursus online memberikan manfaat ganda.

Salah satunya seperti peningkatan kepuasan kerja bagi karyawan yang dapat mengembangkan diri secara profesional dan perusahaan mendapatkan sumber daya manusia yang andal, meningkatkan produktivitas bisnis.

Menariknya, data dari Mekari University selama 2023 menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak membatasi kesempatan belajar.

Sebagian besar peserta kursus online (84%) berasal dari perusahaan berskala mikro, kecil, dan menengah, sementara sisanya dari perusahaan besar atau enterprise.

BACA JUGA: Peran Cloud Makin Penting, Tencent Cloud Gelar Kursus

Aryana menekankan bahwa UMKM yang umumnya tidak memiliki sistem manajemen pembelajaran sendiri mendapatkan solusi dengan adanya platform kursus online.

“Ini memungkinkan UMKM untuk menyelenggarakan pelatihan terstruktur bagi karyawan, mendukung pertumbuhan profesional tanpa terbatas oleh skala perusahaan,” ujar Aryana.

Para profesional menunjukkan komitmen tinggi terhadap pembelajaran, dengan sebagian besar peserta (82%) mengikuti kursus online pada hari kerja.

Hal ini menegaskan bahwa meskipun kesibukan kerja, para profesional masih meluangkan waktu di tengah hari untuk pengembangan diri.

Pola waktu juga menarik, dengan sebagian besar peserta (47%) memilih pagi hari sebagai waktu favorit untuk mengikuti kursus. Konsentrasi tinggi pagi hari menjadi kunci bagi para peserta untuk meresapi materi dengan baik.

Kecepatan menyelesaikan kursus juga mencerminkan antusiasme peserta. Sebanyak 42% peserta berhasil menyelesaikan semua materi pada hari pendaftaran, sementara 32% menuntaskan dalam tujuh hari setelah mendaftar.

“Ini mencerminkan dorongan para profesional untuk segera mengaplikasikan pengetahuan baru ke dalam pekerjaan mereka,” ucap Aryana.

Dengan pertumbuhan platform kursus online yang terus berkembang, para profesional diharapkan memanfaatkan kesempatan ini untuk terus memperdalam kemampuan.

“Kemampuan yang selalu up-to-date menjadi kunci sukses di dunia kerja yang semakin kompetitif, dan oleh karena itu, para profesional diimbau untuk memanfaatkan semua peluang yang ada untuk pengembangan diri,” tutur Aryana.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related