RPG Commerce Raih Pendanaan Seri B Senilai US$ 29 Juta

profile photo reporter Maida Beryl S
MaidaBeryl S
24 Juni 2022
marketeers article
RPG Commerce berhasil meraih pendanaan Seri B senilai yang dipimpin oleh East Ventures (Sumber: RPG Commerce)
Perusahaan e-commerce sosial direct to consumer, RPG Commerce berhasil meraih pendanaan Seri B senilai US$ 29 juta. Pendanaan ini dipimpin oleh East Ventures dan diikuti oleh UOB Venture Management, RHL Ventures serta Vertex Ventures SEA & India (VVSEAI) yang sebelumnya memimpin pada pendanaan Seri A.
Saat ini, RPG Commerce menyelenggarakan lebih dari 10 merek internasional internal seperti merek pakaian & peralatan rumah tangga Thousand Miles, Bottoms Lab dan Montigo, juga termasuk peralatan masak Cosmic & lain-lain. 
Suntikan dana berkisar Rp 431 miliar yang didapat akan dialokasikan untuk mendukung teknologi dan proses pengembangan bisnis RPG Commerce. Selain itu, dana tersebut juga akan digunakan untuk mengembangkan dan memperluas portofolio merek RPG Commerce guna menghadirkan produk konsumen yang revolusioner.
“Kami ingin memberikan nilai yang melebihi harapan pelanggan. Dengan putaran pendanaan ini, kami ingin memperluas jangkauan talenta dengan cepat di seluruh organisasi dan meningkatkan kemampuan teknologi yang RPG Commerce miliki,” ujar Melvin Chee, Co-Founder & CEO RPG Commerce dalam siaran tertulis East Ventures.
Dengan teknologi back end yang dikembangkan, model bisnis multi merek RPG Commerce membantu mengoptimalkan rangkaian merek DTC dengan proses pengembangan, produksi, dan pengiriman end-to-end. Selain itu, RPG Commerce juga mengambil pendekatan multi kategori, multi merek, dengan model roll-up yang memberikan nilai tambahan sebagai pemain unik dan sukses di sektor e-commerce.
“RPG Commerce unggul sebagai perusahaan yang mampu menumbuhkan basis pelanggan di berbagai jaringan seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa. Mereka mampu membangun kepercayaan konsumen melalui produk berkualitas dan inovasi rantai pasokan,” ungkap Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures dalam keterangan yang sama.
RPG Commerce terus berkembang agar mampu melampaui model bisnis DTC utama mereka, yakni infrastruktur backend bersama. “Dengan semangat mendukung bisnis independen dengan produk dan solusi sesuai permintaan, RPG Commerce berharap dapat memberdayakan bisnis kecil melalui program inkubasi dan akuisisi untuk memperluas jangkauan produk yang berfokus pada konsumen di berbagai vertikal,” pungkas Melvin.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related