Sebelum Race Day, Ini Persiapan Kebutuhan Gizi yang Perlu Diperhatikan Pelari

profile photo reporter Ratu Monita
RatuMonita
18 Desember 2023
marketeers article

Lari menjadi salah satu olahraga yang begitu digandrungi oleh masyarakat. Akan tetapi, aktivitas olahraga ini sering kali tak diimbangi dengan persiapan pada awal dan pemulihan akhir yang tepat oleh pelari.

Sport Scientist Abiarso Wijatmoko memberikan penjelasannya mengenai persiapan dan pemulihan yang tepat setelah lari. 

Menurut Abiarso, bukan hanya persiapan fisik yang perlu diperhatikan. Penting bagi setiap pelari untuk mengetahui kebutuhan gizinya.

BACA JUGA Sukses Digelar, Jakarta Marathon 2023 Dihadiri 10 Ribu Pelari

“Gizi yang baik diperlukan oleh pelari guna mengoptimasi energi saat lari agar dapat finish excellent dan membantu performa dan pemulihan untuk pelari,” kata Abiarso dalam gelaran Runner Gathering by ISOPlus di Semarang, Sabtu (16/12/2023).

Khususnya non-professional athlete atau recreational athlete, Abiarso merekomendasikan kebutuhan gizi dapat dihitung dengan menggunakan teknik porsi tangan, yaitu 1-2 telapak tangan protein setiap kali makan, 4-6 genggam karbohidrat setiap kali makan, 1-2 jempol setiap kali makan, dan 1-2 kepal sayur setiap kali makan.

Akan tetapi, Abi menambahkan kebutuhan ini bisa berubah menyesuaikan intensitas latihan, komposisi tubuh, dan target kebugaran atau performa.

“Rekomendasi yang perlu diperhatikan juga adalah pada race day, dan mendekati race time. Semakin dekat ke waktu race time maka konsumsi yang dianjurkan lebih ke bentuk liquid supaya tidak mengganggu sistem pencernaan ketika berlari,” ujar Arbi Abiarso dalam acara yang berlangsung jelang acara olahraga Semarang 10K.

BACA JUGA ISOPLUS Bangun Asosiasi Merek Lewat Borobudur Marathon 2023

Sementara itu, saat race day, Abi menyarankan hindari makanan-makanan yang tinggi serat, tinggi lemak, tinggi protein, tidak biasa dimakan, mengandung alergen (misal kacang), pedas (jika tidak terbiasa), atau yang kita tidak punya cukup toleransi terhadapnya seperti kopi dan susu.

Selain gizi, pelari juga perlu memperhatikan hidrasi yang baik. Sebagai informasi hidrasi adalah penggantian cairan tubuh yang hilang melalui keringat, pernapasan, dan pembuangan limbah.

ISOPLUS dapat menjadi pilihan tepat untuk strategi hidrasi semua orang, khususnya pelari. Apalagi, produk minuman isotonik ini telah dilengkapi dengan 6% karbohidrat dan 7 ion lengkap yang dibutuhkan tubuh manusia dan mudah diserap.

Adapun kandungan ion yang dimiliki oleh ISOPlus meliputi:

– Natrium: menjaga homeostasis dan regulasi cairan tubuh.

– Kalium: menjaga keseimbangan cairan tubuh, kontraksi otot, dan tekanan darah.

– Magnesium: menjaga fungsi saraf dan otot, imun, denyut jantung.

– Kalsium: menjaga fungsi kontraksi jantung, otot, transmisi sinyal saraf.

– Klor: menjaga keseimbangan cairan sel, stimulasi otot dan saraf, aliran oksigen dan karbondioksida.

– Sitrat: membantu memproduksi energi.

– Laktat: menjaga homeostasis dan energi untuk metabolisme.

Demikian sejumlah persiapan kebutuhan gizi yang perlu diperhatikan pelari sebelum memulai aktivitas olahraganya.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related