Digital

Selain Layanan Video Call, Fitur OpenChat LINE Ikut Naik Daun

Photo Credits: LINE

Aplikasi komunikasi daring yang berbasis di Jepang, LINE mengalami peningkatan penggunaan layanan video call hingga 100% di tahun lalu. Yang menarik, LINE juga mencatatkan peningkatan pada penggunaan fitur OpenChat yang memungkinkan pengguna berbagi informasi dan bertukar pikiran mengenai ragam topik yang digemari.

LINE OpenChat yang semula dikenal dengan nama LINE Square merupakan layanan bebas biaya berbasis komunitas yang menjadi platform bagi para pengguna, terutama generasi Z untuk berkumpul secara daring membahas minat dan hobi mereka.

Sejak hadir pada 2017, jumlah pengguna LINE OpenChat tercatat mencapai 18 juta pengguna di Indonesia hingga akhir tahun lalu. Terdapat 850 ribu grup komunitas yang telah diwadahi oleh LINE OpenChat dengan 100 juta chat per bulan.

Kondisi pembatasan sosial akibat pandemi COVID-19 dimanfaatkan LINE untuk mengakselerasi bisnis mereka, antara lain pada layanan ini. Ketika komunikasi antar manusia bergantung pada teknologi, LINE secara aktif melakukan berbagai pembaruan untuk memudahkan para pengguna dalam berkomunikasi. Ragam inovasi diluncurkan, baik untuk sesama pengguna, grup, hingga wadah komunikasi komunitas di Indonesia.

“Melihat geliat komunitas yang semakin aktif dan memiliki kebutuhan untuk mengekspresikan diri, LINE OpenChat memiliki komitmen untuk terus dapat mendukung perkembangan berbagai komunitas di Indonesia dengan positif,” terang Brian Dohun Im, LINE OpenChat Global Product Manager di Jakarta, Jumat (29/01/2021).

Sebuah ruang OpenChat dapat memfasilitasi hingga 200 ribu anggota dengan kapasitas grup chat sebesar lima ribu anggota untuk setiap grup. Untuk menjaga agar komunikasi dapat berjalan semestinya, LINE memiliki tim khusus yang dapat melakukan sensor terhadap konten yang dianggap tidak sesuai. 

Dengan banyaknya grup yang ada di dalam LINE OpenChat, para pengguna LINE dapat memilih topik yang sesuai dengan minat. Hingga saat ini, topik favorit yang paling diminati adalah topik memperdalam pelajaran di sekolah, beasiswa, hobi, fans, dan K-Pop.

Untuk dapat menjadi anggota grup LINE OpenChat, pengguna dapat mengunduh aplikasi LINE, lalu masuk melalui home tab, friends tab, atau more tab. Kemudian, pengguna dapat memilih grup komunitas yang diinginkan. Untuk melindungi identitas pengguna, pengguna dapat menggunakan fitur anonym.

MARKETEERS X








To Top