Starbucks Bangun Strategi CRM Lewat NFT Membership

profile photo reporter Afra Hanin
AfraHanin
11 Mei 2022
marketeers article
Sumber Foto: Unsplash.com
Starbucks tengah membuat langkah strategis untuk menjaga loyalitas pelanggannya. Adam Brotman selaku advisor dan Brady Brewer, CMO Starbucks menyatakan rencana perusahaan untuk meluncurkan program loyalitas dalam bentuk NFT secara global.  Perusahaan juga akan meluncurkan serangkaian koleksi NFT menarik yang fungsinya akan serupa dengan program loyalitas Starbucks Rewards saat ini. Koleksi NFT ini dapat memberikan akses ke fasilitas dan pengalaman eksklusif bagi pelanggan yang tergabung ke dalam program ini.  
“Selama 50 tahun kami berdiri dan mengukir sejarah, kami telah mengumpulkan harta karun berupa aset yang dapat kami bawa ke ekosistem digital, seperti cerita perjalanan kami, warisan dan cerita mengenai seni kopi, desain toko yang terus berkembang hingga cara menyenangkan lainnya untuk menghidupkan komunitas pelanggan setia Starbucks melalui pengalaman digital,” kata Brotman dan Brewer.
Selain itu, Starbucks juga berencana meluncurkan platform Web3, Starbucks Digital Community. Sementara Starbucks belum mengungkapkan rinciannya lebih lanjut, dikatakan bahwa mereka akan menggunakan blockchain dan infrastruktur yang konsisten dengan “multi-decade commitment to sustainability“. Program loyalitas NFT dan komunitas digital ini akan dimulai di gerai Starbucks Amerika Serikat dan akan diluncurkan ke gerai-gerai di seluruh dunia.
“Berdasarkan seni yang diangkat dari kopi dan kemampuan kami untuk bercerita, Starbucks berencana untuk menghadirkan item koleksi, keanggotaan, dan komunitas NFT pertama kami akhir tahun ini. Kesempatan ini akan datang dengan sejumlah pengalaman dan manfaat unik serta layak untuk dikoleksi NFT genesis dari Starbucks,” lanjutnya yang dikutip melalui laman MARKETING-INTERACTIVE.
Melihat lebih jauh, Starbucks bergabung dengan beberapa merek lain yang telah berkelana ke kancah NFT dalam dorongan pemasaran loyalitas. Bulan lalu, perusahaan ride-hailing Ryde meluncurkan proyek NFT debutnya sebagai bagian dari upayanya untuk menumbuhkan dan memperkuat komunitas penggunanya. Selain itu, NFT juga akan berfungsi sebagai alat untuk membangun loyalitas di antara komunitas karena menawarkan efisiensi operasional yang lebih besar dalam mengelola program keanggotaan daripada sistem tradisional.
Ryde menyatakan, setiap RydePal akan dibangun menggunakan seni generatif, kombinasi elemen desain yang berbeda seperti jenis kelamin dan usia, warna, dan aksesori, untuk mewakili keragaman pengguna di komunitas Ryde. NFT RydePal juga akan memberikan akses kepada pemegangnya dengan berbagai hadiah eksklusif di aplikasi Ryde, termasuk cashback kepada pemegangnya.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related