Starbucks Indonesia Sematkan Kecantikan Budaya pada Merchandise

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
10 Agustus 2022
marketeers article
Starbucks memperkenalkan koleksi merchandise ‘Beauty of Indonesia untuk rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. | Foto: Starbucks
Starbucks Indonesia tampaknya tidak ingin ketinggalan untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77. Kali ini, perusahaan meramaikan peringatan kemerdekaan dengan meluncurkan koleksi merchandise terbaru bertajuk, Beauty of Indonesia.
Starbucks menyematkan kecantikan Indonesia lewat gambar atau pola yang ada di koleksi merchandise tersebut. Untuk peluncuran koleksi merchandise ini, Starbucks menggandeng dua seniman asal Indonesia, yakni Naela Ali dan Hari Prasetyo untuk mengekspresikan dan menampilkan karya mereka. 
Liryawati, Chief Marketing Officer PT Sari Coffee Indonesia mengungkapkan mereka menangkap kebiasaan dari masyarakat yang mana lebih mencintai negara pada perayaan Hari Kemerdekaan.
“Kami mewujudkan kecintaan pada negara lewat koleksi merchandise terbaru Starbucks yang dari segi desainnya sudah sangat kental dengan suguhan budaya Indonesia. Dengan kolaborasi kreatif ini, kami berharap mampu menginspirasi dan menumbuhkan semangat i tengah komunitas,” ujar Liryawati.
Naela Ali, salah satu seniman yang terlibat pada peluncuran koleksi merchandise terbaru Starbucks ini merupakan desainer grafis, ilustrator, dan pengusaha muda asal Jakarta. Ciri khas dari karyanya adalah sederhana, modern, dan dibuat dengan cat air.
Sementara, Hari Prasetyo yang juga dikenal sebagai Hari Prast merupakan ilustrator dan komikus asal Tulungagung, Jawa Timur. Karyanya identik dengan gaya ligne claire atau  menggambar dengan garis terang. Salah satu seniman yang juga menggambar dengan teknik seperti ini adalah Hergé, pengarang komik Tintin.
Dengan konsep kekayaan budaya Indonesia yang diusung Starbucks, Naela melahirkan koleksi People of Indonesia yang menggambarkan keragaman suku bangsa di Tanah Air dan Flora and Fauna of Indonesia yang menampilkan ragam flora dan fauna unik nan eksotik.
Sedangkan, Hari menghasilkan desain Landmark of Indonesia yang mewakili landmark terkenal dan ikonik Indonesia. Ia juga melahirkan karya Culture of Indonesia yang memperlihatkan beragam makanan dan budaya Tanah Air.
Peluncuran koleksi merchandise terbaru Starbucks khas Indoensia ini juga mendapatkan dukungan dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 
“Ini sejalan dengan tujuan kami mendorong inovasi dan kreativitas budaya para kaum muda. Kami berharap agar semakin banyak pelaku usaha yang terinspirasi untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia secara berkelanjutan di masa yang akan datang,” pungkas Fitra Arda, Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Koleksi merchandise unik ini terdiri dari empat desain tumbler dan dua desain mug. Semua koleksi tumbler tersedia mulai 8 Agustus sedangkan mug akan tersedia tanggal 12 Agustus di semua gerai Starbucks di Indonesia selama persediaan masih ada.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related