Industry

Surge Berupaya Jadi Katalis Transformasi Digital

Jepang mengenalkan konsep Society 5.0 terkait era peradaban manusia, yang berbasis teknologi dan human-centered. Menurut mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, konsep ini memiliki enam pilar utama, yakni: masyarakat digital, energi berkelanjutan, mobilitas cerdas, hidup sehat, keamanan sipil, dan teknologi di tempat kerja.

Society 5.0 mewakili bentuk masyarakat ke-5 dalam sejarah manusia yang secara kronologis mengikuti perburuan, pertanian, industri, dan informasi. Lantas, bagaimana kesiapan Indonesia dalam menghadapi era tersebut?

Pertanyaan tersebut menjadi wacana menarik dalam industri digital di Indonesia. Tak heran, berbagai pihak yang berkepentingan perlu terus ‘menggenjot’ edukasi tentang transformasi digital dalam kehidupan masyarakat. Salah satu perusahaan yang getol dengan edukasi ini adalah Surge.

Surge hadir untuk menjadi katalis dari tranformasi digital di Indonesia. Salah satu caranya ialah dengan membangun tiga ekosistem digital yaitu, Advertising Media, Digital Apps, serta Network Infrastruktur.

“Kami membangun tiga pilar itu untuk membuat sinergi sendiri. Kami ingin membantu rekan semua untuk bergabung ke ekosistem kami agar dapat dipergunakan untuk mempercepat proses digital transformasi di Indonesia,” ujar Direktur Utama Surge Hermansjah Haryono.

Media periklanan yang disediakan oleh Surge akan ditayangkan pada kereta dengan menggunakan Public Information Display (PID). Untuk bidang aplikasi digital, Surge membangun software dan aplikasi untuk berbagai perusahaan. Di bidang Network Infrastruktur, Surge pun membangun jaringan fiber optic di sepanjang jalur kereta agar pengguna KRL dapat mengakses Wi-Fi di sepanjang perjalanan.

“Sebagai solusi-preneur, Surge memang ikut berperan dalam mengembangkan smartcity, IOT, dan AI. Saya berharap ekosistem yang dibangun Surge tentunya memberikan pengaruh besar pula dalam dunia advertising,” kata Hermansjah.

Ia optimistis dengan pengembangan ekosistem digital perusahaannya, apalagi setelah Surge kini berpredikat sebagai perusahaan TBK. Menurutnya, teknologi mampu memperbaiki masalah dunia yang kompleks dan Surge fokus pada teknologi bergerak, yang tidak hanya bermanfaat secara bisnis, tetapi juga kepentingan publik, antara lain dengan pemasangan free wifi di berbagai fasilitas umum juga pembangunan kabel fiber optik di Pulau Jawa, yang nantinya masyarakat yang dekat dengan jalur area fiber optik tersebut bisa menikmati internet secara gratis.

MARKETEERS X








To Top