Lifestyle & Entertainment

Tak Sekadar Bela Diri, Pencak Silat Jadi Alternatif Tingkatkan Imunitas

Sumber: 123RF

Di era pandemi, olahraga menjadi pilihan untuk membentuk imunitas dan daya tahan tubuh. Salah satunya olahraga warisan budaya Indonesia adalah pencak silat. Identik dengan bela diri, perguruan silat Tetada Kalimasada Indonesia menyulap pencak silat menjadi olahraga pernapasan yang dapat meningkatkan imunitas di dalam tubuh.

“Silat tidak hanya bela diri, tapi juga mengajarkan ilmu-ilmu kesehatan. Tetada Kalimasada menawarkan olahraga pernapasan ringan yang bisa dilakukan segala usia, walaupun di dalam rumah,” ujar Eddy Surohadi, Pendiri Perguruan Silat Tetada Kalimasada Indonesia pada ajang Jakarta Marketing Week 2021.

Olahraga ini melibatkan Neural Exercise (olahraga persyarafan) dan Physical Exercise (olahraga fisik). Neural Exercise dilakukan dengan latihan pernapasan, meditasi, berdoa, serta latihan peregangan. Sedangkan, Physical Exercise dilakukan dengan latihan jurus-jurus yang ada di pencak silat.

Di dalam latihan Tetada memiliki beberapa komponen, terdiri dari olah napas (triangular diaphragmatic breathing methode), olah gerak/jurus (nine movements & developing seven chakras) dan konsentrasi alfa/alpha (concentration of meditation).

Secara keseluruhan, Tetada fokus pada gerakan yang berfungsi menjaga kesehatan paru-paru. Menurut Eddy, jika melatih paru-paru dengan baik akan membuat otot paru-paru merenggang dan elastis, sehingga dapat menjadi solusi dari pencegahan virus COVID-19.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top