Tradisi Lebaran: Memaknai Setiap Momen di Hari Raya

marketeers article
tradisi lebaran

Tak lama lagi Lebaran akan segera tiba. Setiap negara yang memiliki penduduk beragama Islam tentu memiliki berbagai tradisi Lebaran khas yang unik dan berbeda. 

Begitu juga dengan Indonesia yang termasuk salah satu negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. 

Lebaran Idulfitri selalu dikaitkan sebagai Hari Kemenangan bagi umat muslim setelah berhasil menjalankan puasa selama sebulan penuh. Hari Raya pun menjadi sebuah perayaan penting satu tahun sekali yang memiliki tradisi meriah di Indonesia. 

Marketeers telah merangkum dari beberapa sumber terkait tradisi Lebaran yang kerap dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Simak pembahasan lengkapnya di artikel berikut ini, ya!

1. Mudik

Mudik adalah tradisi Lebaran yang paling fenomenal dan akan selalu terjadi setiap tahunnya. Para perantau menjadikan momen ini sebagai momen setahun sekali yang wajib dilakukan. Para perantau akan kembali ke kampung halaman dan memanfaatkan mudik sebagai ajang silaturahmi dan kumpul bersama keluarga besar. 

Mudik selalu menjadi antusiasme masyarakat yang seringkali menimbulkan kemacetan panjang di jalan tol. Bagi perantau yang menggunakan kendaraan umum pun akan mengalami kenaikan tinggi harga-harga tiket kendaraan yang biasa digunakan untuk menuju kampung halaman. Pada momen ini, stasiun, terminal, dan bandara akan dipadati para pemudik.

BACA JUGA: Khusus Perantau! Simak 10 Tips Persiapan Mudik Lebaran 2023

2. Takbiran

Takbiran adalah salah satu tradisi Lebaran yang kerap dilakukan dan dikumandangkan di setiap malam sebelum Hari Raya. Takbiran ini akan berlangsung di setiap masjid bahkan hingga turun ke jalan dan berkeliling kampung. 

Tradisi ini umumnya diiringi oleh tabuhan bedug yang menunjukkan kebersamaan dan kemenangan umat muslim menyambut Hari Raya. Takbiran menggambarkan suka cita umat Islam akan kemenangan melawan hawa nafsu selama Ramadan. 

3. Ketupat dan Kue Lebaran

Sebagai sebuah perayaan Hari Kemenangan, masyarakat Indonesia bersuka cita dengan menyajikan berbagai makanan khas Hari Raya. Beberapa jenis makanan yang biasa ada di setiap rumah antara lain ketupat, opor ayam, rendang, hingga sambal goreng kentang.

Untuk menjamu tamu yang bersilaturahmi, umumnya masyarakat Indonesia juga menghidangkan beberapa jenis camilan manis seperti kue kering. Kue kering khas Indonesia sendiri seperti nastar, kue putri salju, kaasstengels, kue kacang tanah, hingga kue kaleng. 

BACA JUGA: Maniskan Hari Raya dengan 10 Inspirasi Kue Lebaran

4. Berbagi THR

THR atau Tunjangan Hari Raya juga menjadi hal yang identik hanya ada menjelang Lebaran. Perusahaan dan institusi pemerintahan akan memberikan THR kepada karyawannya. THR ini biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan selama Lebaran. 

Tidak hanya itu, tradisi ini juga dilakukan oleh masyarakat sebagai ajang saling berbagi kebahagiaan. Orang yang lebih tua akan memberikan “salam tempel” kepada anak-anak menggunakan amplop yang berisi uang. 

Uang yang diberikan pun biasanya uang kertas baru dengan nominal tertentu. Sebab itu, aktivitas penukaran uang baru menjelang Lebaran juga akan meningkat. 

BACA JUGA: Tips Alokasi THR Lebaran 2023 ala Prita Ghozie

5. Halal Bihalal

Halal Bihalal merupakan tradisi Lebaran yang selalu menjadi satu kesatuan. Filosofi dari aktivitas ini adalah kembali menghalalkan atau memaafkan berbagai perbuatan salah dan dosa yang dilakukan kepada sesama manusia.

Momen ini banyak dilakukan di berbagai kelompok masyarakat, baik itu dalam keluarga, sekolah, pertemanan, hingga rekan kerja. Budaya ini menjadi sebuah ajang saling memaafkan dan memulai kembali lembaran baru setelah menyucikan diri selama Ramadan dan Hari Raya.

6. Ziarah Kubur

Tradisi ziarah kubur banyak kita temukan di berbagai daerah di Indonesia. Lebaran Idulfitri adalah momen silaturahmi yang tidak hanya kepada orang yang masih hidup, melainkan juga kepada kerabat yang telah meninggal. 

Bagi umat muslim, ziarah kubur adalah sunnah dan dianjurkan karena memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari tradisi ini adalah mengingat kematian, mengirimkan doa terbaik kepada sesama ciptaan Tuhan, dan memahami silsilah keluarga serta asal usul keberadaan kita sebagai manusia. 

7. Baju Baru

Menjelang Hari Lebaran, masyarakat Indonesia berbondong-bondong pergi ke pusat perbelanjaan untuk membeli baju baru. Supermarket pun banyak memberikan diskon dan promo besar untuk menarik perhatian pelanggan.

Meskipun baju baru bukanlah kewajiban, namun tradisi Lebaran ini menjadi salah satu yang kerap dilakukan. Baju baru dianggap sebagai baju terbaik yang bersih dan layak dipakai pada perayaan Hari Raya. 

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Baju Lebaran Keluarga dari Brand Fashion Lokal

Demikianlah 7 tradisi Lebaran yang umumnya setiap tahun dilakukan di Indonesia. Jadikan momen Hari Raya Anda lebih bermakna bersama keluarga dan sanak saudara. Mari kita kembali menyucikan diri di hari yang fitri dengan memaknai setiap momen yang kita lalui.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related