Digital

WYF 2021 Ajak Anak Muda Bangun Bisnis Berbasis Teknologi

Foto: WFY 2021

Tidak dipungkiri lagi kalau kemajuan teknologi hari ini mendorong banyak perubahan. Mulai dari cara hidup masyarakat hingga membuka peluang bisnis baru. Bisa dibilang, kondisi ini sedang menyelimuti masyarakat dunia, juga Indonesia. Tidak sedikit pula, anak muda yang mencoba terjun menangkap peluang kemajuan teknologi sebagai sebuah bisnis baru.

Sebelum menyelam lebih jauh, tentu para perintis usaha ini perlu memahami konsep ide yang kreatif diseimbangkan dengan perencanaan, strategi, maupun riset yang mendalam. Mereka juga dituntut untuk bisa membaca kebiasaan atau rutinitas konsumen yang berubah drastis sejak pandemi.

Fakta inilah yang mendasari Universitas Prasetiya Mulya kembali menggelar Win Your Future (WYF). Kegiatan tahunan ini menantang anak muda Indonesia untuk menginisiasi ide bisnis dan teknologi terkini, kreatif, serta inovatif yang mampu menjawab tantangan di era digital.

Bukan sekadar kompetisi bisnis, Win Your Future menjadi gerakan untuk para calon pebisnis muda. Di sini, mereka akan diberikan pemahaman, gambaran, dan arah yang lebih jelas untuk merintis usaha di berbagai bidang.

Mengusung tema Business in Digital Era, ajang ini membuka kesempatan bagi para siswa tingkat SMA/sederajat serta mahasiswa tingkat Sarjana dari seluruh perguruan tinggi Indonesia. Para peserta juga diminta untuk memilih salah satu ide bisnis dari enam kategori yang dikompetisikan yaitu AgriTech, EduTech, EnergyTech, FinTech, MedTech, dan TourismTech.

Digelar mulai Maret hingga Juni 2021, Win Your Future 2021 dirangkai dengan berbagai kegiatan, salah satunya Inspiring Talkshow: A Guide to Make Sense of “EverythingTech” bersama para praktisi dan pebisnis muda yang sukses di bidangnya.

Calon peserta dapat mengajukan ide bisnis mereka mulai 20 Maret hingga 27 April 2021 sesuai kategori yang dipilih. Kemudian, bagi peserta yang lolos seleksi tahap satu (administratif) akan melanjutkan langkahnya pada workshop session yang langsung dibawakan oleh praktisi bisnis sekaligus Faculty Member Universitas Prasetiya Mulya. Dalam sesi ini, para peserta akan diarahkan bagaimana mengembangkan ide bisnis menjadi kerangka yang lebih terstruktur, baik dari sisi marketing, finance, human resource, production, dan aspek bisnis lainnya.

Selanjutnya, setelah para peserta mengumpulkan proposal bisnis hasil workshop session dan kompetisi akan masuk ke babak eliminasi Top 30 dari masing-masing kategori peserta. Menariknya, para peserta terpilih akan masuk ke tahap coaching. Sesi ini akan menghadirkan sosok pebisnis muda yang sudah sukses dengan startup mereka masing-masing. Selain dari sisi business management, para peserta pun akan mendapatkan insight menyeluruh untuk pengembangan teknologi terkini.

Menuju tahap akhir, dua tim terunggul dari masing-masing kategori diberikan mentoring khusus dari para praktisi bisnis yang kredibel. Ini semua akan bermanfaat untuk penyempurnaan proposal bisnis para peserta dan relevansinya dengan kondisi bisnis saat ini.

MARKETEERS X








To Top