4 Langkah Praktis Memulai Gaya Hidup Aktif dan Berkelanjutan

marketeers article
Pemaparan dr. Antonius Andi Kurniawan, Sp.K.O., Subsp, ALK(K), dokter spesial Kedokteran Olahraga di panggung Jakarta Marketing Week 2024. (Sumber: MarkPlus/Ikro)

Gaya hidup aktif dan berkelanjutan sejatinya bukan hanya sekadar tren, melainkan harus menjadi sebuah kebutuhan demi menjaga kesehatan dan lingkungan. Pasalnya, gaya hidup aktif dan berkelanjutan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh dengan membantu mengurangi jejak karbon.

Di sisi lain, mengadopsi tren gaya hidup ini bukanlah perkara mudah. Namun, baru-baru ini dr. Antonius Andi Kurniawan, Sp.K.O., Subsp, ALK(K), dokter spesial Kedokteran Olahraga membeberkan beberapa langkah praktis untuk memulai gaya hidup aktif dan berkelanjutan di panggung Jakarta Marketing Week 2024.

Didukung oleh Mandiri Inhealth, dr. Andi membagikan sejumlah tips untuk memulai gaya hidup aktif dan berkelanjutan pada Minggu (19/5/2024). Berikut penjelasannya:

BACA JUGA Jaring Transaksi Internasional, Bank Mandiri Kenalkan Livin’ di Inggris

1. Ubah gaya hidup secara perlahan

Menurut dr. Antonius, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengubah gaya hidup dan pola pikir. Hal ini dapat diawali dengan small step tapi dijalani dengan konsisten.

“Dalam hal ini, bagaimana olahraga yang dilakukan dapat mengubah gaya hidup kita,” ujarnya dalam acara yang berlangsung di Grand Atrium Kota Kasablanka, Jakarta.

2. Diawali dengan hal sederhana

Untuk memulainya, menurut dr. Andi tak perlu terlalu muluk-muluk. Gaya hidup aktif bisa diawali dengan melakukan micro workout di sela waktu istirahat, menjadi komuter dengan berjalan kaki atau memakai sepeda.

“Durasi olahraga yang disarankan dalam sehari yakni 30 menit itu bisa dicicil dengan melakukan aktiitas fisik yang sederhana di waktu luang,” kata dr. Andi.

BACA JUGA Dinosaurus, Darmawan Junaidi, dan Strategi Transformasi Bank Mandiri

3. Cari support system

Dalam upaya menjalani gaya hidup aktif, Anda membutuhkan teman untuk bisa saling memotivasi dan berjalan berdampingan. Oleh sebab itu, temukan teman yang yang bisa memberikan dukungan serta membuat rutinitas sehari-hari menjadi lebih menyenangkan.

4. Track your progress

Untuk memotivasi, catat setiap progres yang Anda lakukan setiap harinya. Bisa dengan menggunakan fitness apps, jurnal, atau bahkan chart. Dengan begitu, Anda pun akan makin semangat menjalani hari dengan gaya hidup aktif ini.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related