Arti Guyonan “Menyala Abangkuh” yang Viral di X

marketeers article
Arti guyonan “Menyala Abangkuh” yang viral di X (Foto: Twitter)

Warganet di platform X, tengah ramai menggunakan frasa “Menyala Abangkuh.” Saking banyaknya akun yang mengunggah kata-kata ini, “menyala” menjadi trending topic di platform yang dulu bernama Twitter tersebut pada Senin (29/1/2024) siang.

Frasa tersebut biasanya digunakan untuk membalas cuitan yang terkesan ‘savage’. Meski telah banyak digunakan, tak sedikit pula warganet yang masih belum mengetahui arti dari “Menyala Abangkuh” dan dari mana asal-usulnya.

Seperti yang diungkapkan warganet melalui akun @convomfs, “Maksutnya ‘menyala abangkuh’ tuh apasih? Gue di ketawain se divisi grgr ga paham jokes ini.” Bahkan, ada yang mengaku pura-pura paham agar tak ‘ketinggalan’, “NGGA TAUU NDERR GWE KETAWA AJAA UDEHH.”

BACA JUGA: Trending di X, Ini Arti Guyonan “DC Cakung”

Lantas, sebenarnya apa arti dari “Menyala Abangkuh” yang viral di media sosial dan dari mana asal-usulnya? Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber:

Pujian yang Biasa Dipakai Penggemar Sepak Bola

“Menyala Abangkuh” ternyata ialah frasa yang biasa diungkapkan sebagai pujian. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, frasa ini umumnya digunakan untuk membalas cuitan yang dianggap ‘savage’, berkelas, atau menohok.

Sebelum viral seperti saat ini, “Menyala Abangkuh” sudah lebih dulu digunakan oleh penggemar juga pemain sepak bola maupun futsal. Frasa itu disampaikan ketika mengomentari unggahan temannya yang berkaitan dengan futsal hingga sepak bola.

Selain dimaknai sebagai pujian, frasa tersebut umumnya juga digunakan untuk mengingatkan para pemain futsal atau sepak bola agar selalu rendah hati ketika kemampuannya sudah di atas rata-rata. Dengan begitu, mereka tak mengalami star syndrome.

BACA JUGA: Viral di TikTok, Ini Arti “Backburner” dan Cara Mengatasinya

Selain frasa “Menyala Abangkuh”, ada juga beberapa istilah lainnya yang satu vibe dan makin banyak digunakan warganet. Kata tersebut meliputi “Kelas abangku”, “Tetap ilmu padi”, “Kasih keras abangku”, “Tipis-tipis”, dan masih banyak lagi.

Sama seperti “Menyala Abangkuh”, berbagai kata tersebut juga diketahui merupakan ucapan khas anak futsal. Ini juga menjadi template komentar yang bisa dikirimkan di unggahan yang berkaitan dengan sepak bola hingga mini soccer.

Demikianlah sekilas pembahasan mengenai arti guyonan “Menyala Abangku” yang viral di media sosial, yang mana dimaknai sebagai pujian untuk sesuatu. 

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related