“Dislepatch” yang Trending di X Ternyata Parodikan Dispatch, Apa Itu?

marketeers article
Dispatch, media Korea Selatan yang jadi inspirasi Dislepatch (Foto: Pinterest)

Dislepatch tengah menjadi trending topic di platform X per Selasa (2/1/2024). Topik ini sejatinya adalah parodi dari media Korea Selatan bernama Dispatch, yang terkenal kerap membongkar skandal artis-artis di Negeri Ginseng.

Munculnya Dislepatch bermula ketika seorang warganet mengunggah foto Muhaimin Iskandar dan istrinya sedang menghabiskan malam tahun baru di Malang. Akun tersebut menambahkan keterangan seolah-olah keduanya adalah idol K-Pop yang kedapatan berkencan.

[BREAKING NEWS] Park Ahn Nice dormmate in survival show Pilpres101, Cha Im-in dating with Lee Rustini in Batu City – Malang (nama kota ditulis dalam Hangul),” demikian cuitnya yang kini telah dilihat lebih dari 3,7 juta kali.

BACA JUGA: Anies Baswedan Disebut Jadi Bapak Kaum Fatherless, Apa Itu?

Sebagai informasi, unggahan itu sejatinya mengikuti tren di platform X yang semula dihebohkan dengan kemunculan Anies Bubble. Akun ini mengunggah cuplikan live TikTok Anies Baswedan, layaknya seorang idol K-Pop.

Kemunculan Dislepatch sontak semakin menghebohkan komunitas K-popers di jagat maya. Di sisi lain, tren ini barangkali tampak membingungkan bagi warganet yang tidak akrab dengan istilah-istilah di dunia K-Pop.

Untuk itu, bagi Anda yang masih bingung, berikut sekilas ulasan mengenai Dispatch, media Korea Selatan yang jadi inspirasi akun Dislepatch:

Media yang Sering Bongkar Skandal Artis

Melansir Allkpop, Dispatch adalah media entertainment yang sering membongkar skandal artis-artis di Korea Selatan, terutama perihal hubungan romansa. Ada banyak gosip yang telah dibongkar oleh media ini, sebut saja Hyun Bin dan Son Ye Jin.

BACA JUGA: Mengenal Aplikasi Bubble “K-Pop” di Balik Viralnya “Anies Bubble”

Pada tahun 2021, Dispatch mengungkapkan foto-foto aktor Hyun Bin dan Son Ye Jin yang tampak sedang berkencan. Benar saja, kabar tersebut ternyata bukan gosip semata; keduanya akhirnya menikah selang setahun setelah hubungannya terbongkar.

Untuk mendapatkan informasi tersebut, Dispatch melakukan berbagai cara. Bahkan dalam laman resminya, media ini mengakui bahwa mereka menggunakan cara kerja paparazzi dalam peliputan guna mengungkap sebuah fakta. 

Karena kerap memberitakan ranah privasi artis dengan cara yang demikian, banyak warganet yang lantas membenci Dispatch. Namun, tak sedikit pula yang justru menyukai media ini karena memberi informasi yang tak disajikan pemberitaan lain.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related