Istilah Playing Victim Trending, Kenali Penyebab & Cara Menghadapinya

marketeers article
Ilustrasi seseorang yang melakukan tindakan playing victim. (Sumber: 123rf)

Istilah playing victim menjadi trending dan perbincangan di media sosial X (Twitter) pada Selasa (9/1/2024). Lantas apa makna dari playing victim?

Anda tentu sudah tak asing dengan istilah playing victim atau bisa disebut juga dengan victim mentality. Istilah ini mengacu pada perilaku seseorang yang secara sengaja atau tidak sengaja memposisikan dirinya sebagai korban untuk mendapatkan simpati, atau untuk mengalihkan tanggung jawab.

Perilaku seperti ini mungkin pernah Anda temui, baik di hubungan pribadi hingga ke ranah profesional. Dalam artikel ini, Marketeers akan membahas mengenai penyebab seseorang melakukan playing victim dan cara untuk menghadapinya, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

BACA JUGA Arti Julukan El Gemoy, El Chef, dan El Chudai yang Trending di X

Penyebab seseorang playing victim

Dilansir dari laman Very Well Mind, terdapat beberapa aspek yang membuat seseorang berlaku playing victim, seperti yang trending di X. Umumnya, hal ini terjadi karena pelaku memiliki trauma yang membuat mereka menjadikan playing victim sebagai coping mechanism.

Trauma masa lalu tersebut pun menimbulkan rasa sakit emosional yang berkepanjangan sehingga membuatnya merasa tidak berdaya.

Biasanya, perilaku ini juga disebabkan oleh adanya pengalaman dikhianati, sehingga membuat pelaku merasa tidak bisa mempercayai orang lain.

Menghadapi pelaku playing victim 

Untuk menghadapi pelaku playing victim, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti pada ulasan berikut ini.

BACA JUGA “Nazar Pemilu” Trending di X, Apa Maknanya?

1. Tetapkan batasan 

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi pelaku playing victim adalah dengan menetapkan batasan. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus memutus komunikasi. Anda tetap dapat saling berkomunikasi, namun cukup di saat-saat penting saja.

2. Cari tahu alasannya melakukan playing victim

Setiap tindakan seseorang tentu terdapat alasan di baliknya. Begitu juga dengan perilaku playing victim yang dilakukannya.

Ada banyak kemungkinan yang menjadi penyebab seseorang playing victim. Bisa jadi, seseorang melakukan tindak itu karena sedang mengalami masalah serius di kehidupan pribadinya.

Jika sudah memahami alasan pelaku melakukan tindakan playing victim, Anda mungkin bisa menawarkan bantuan kepada mereka.

BACA JUGA “Dislepatch” yang Trending di X Ternyata Parodikan Dispatch, Apa Itu?

3. Bersikap tenang tanpa simpati berlebih

Bersikap tenang juga menjadi salah satu kunci saat menghadapi pelaku playing victim. Pastikan pula Anda berada di posisi netral, tanpa menunjukkan simpati yang berlebihan. Hal ini dilakukan untuk menghindari pertengkaran.

4. Hindari labeling

Selanjutnya, saat menghadapi pelaku playing victim, hindari melakukan labelling dengan menyampaikan pada mereka bahwa ia bertindak seperti korban.

Sebaliknya, sampaikan tindakan-tindakan yang dilakukannya, misalnya mengeluh, mengalihkan kesalahan, dan tidak menjalankan tugas sesuai arahan, supaya ia mengetahui penyebab serta dapat mencari solusinya.

Demikian penyebab dan cara menghadapi seseorang melakukan tindakan playing victim, istilah yang trending di X.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related