Viral Istilah Closingan sebelum Puasa, Apa Maknanya?

marketeers article
Ilustrasi closingan (Foto: 123rf)

Closingan tengah menjadi trending topic di platform X pada Minggu (10/3/2024) siang dengan total lebih dari 12 ribu cuitan. Setelah ditelusuri, kata ini biasanya diikuti dengan frasa “sebelum puasa” atau “menjelang Ramadan”.

Pembahasan mengenai topik ini salah satunya diungkapkan oleh akun @its***. Cuitan yang kini sudah dilihat lebih dari 800 ribu kali itu berbunyi, “Tradisi puasa/lebaran di indonesia yang ga banget menurut kamu? CLOSINGAN MAKSIAT.”

Akun tersebut mengimplikasikan closingan mengarah pada hal-hal negatif, seperti berhubungan badan dengan bukan pasangan sah atau mabuk-mabukan. Namun, benarkan makna closingan sebelum puasa demikian?

BACA JUGA: Mengenal Istilah Low Visual Weight yang Viral di TikTok

Makna Closingan sebelum Puasa

Dalam bahasa Inggris, closingan sendiri berarti penutupan. Kata ini lantas diserap jadi bahasa gaul yang memang berkonotasi negatif, sebagaimana dijelaskan oleh pendakwah Habib Husein Ja’far Al Hadar.

Dalam konten Log In di Close The Door yang tayang di kanal YouTube Deddy Corbuzier pada 2 April 2023, Habib Ja’far mendefiniskan closingan sebagai tradisi di mana orang-orang bebas melakukan maksiat sebelum akhirnya bertaubat di Ramadan.

“Satu hari menjelang Ramadan itu closingan. Jadi dia dikencengin maksiatnya karena setelah itu mau berhenti maksiat (selama Ramadan),” jelasnya.

BACA JUGA: Trending di X, Ini Arti Guyonan “DC Cakung”

Onadio Leonardo, yang juga mengisi konten tersebut, bahkan memberi kesaksian bahwa benar adanya tradisi closingan seperti yang dikatakan Habib Ja’far.

Sebagai seorang musisi, ia mengungkapkan kalau industri hiburan malam memang kerap mengadakan festival menjelang Ramadan.

“Kebetulan saya musisi, memang di H-3 atau H-2 (Ramadan) biasanya ada festival. Memang nama acaranya closingan, tujuannya juga untuk menyambut Ramadan,” ungkapnya.

Habib Ja’far pun menyebut closingan sebagai tradisi setan. Sebab, tradisi ini membuat manusia sombong hingga merasa yakin bahwa akan bertemu dengan Ramadan, alih-alih berpikir kalau nyawanya bisa saja tak sampai di bulan suci ini.

Closingan itu kan sebenarnya tradisi setan ya, karena lu dibuat sombong, seolah-olah lu masih panjang umur sampai Ramadan. Padahal, bisa jadi lu setelah closingan bener-bener closing umurnya, nggak sempat taubat,” tegasnya. 

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related