Tips Nyaman Berolahraga dengan Hijab Seperti Megawati Hangestri

marketeers article
Megawati Hangestri (Foto: Instagram/megawatihangestrip )

Megawati Hangestri tengah menjadi sorotan publik, baik di Indonesia maupun Korea Selatan. Bukan tanpa alasan, wanita berhijab itu sukses menorehkan namanya sebagai most valuable player (MVP) dalam pertandingan V League musim 2023 – 2024.

Pemain asal Jember, Jawa Timur itu tidak hanya menarik perhatian karena performanya di lapangan, melainkan juga penampilannya. Melansir Sports Naver, tak sedikit penonton yang mempertanyakan kenyamanan Megawati ketika bermain voli mengenakan hijab.

Sadar akan sorotan tersebut, Megawati justru menjawab dengan rasa bangga. 

“Saya bangga dan senang sebagai pemain muslim pertama di Korea yang memakai hijab dan bermain di V League,” ujarnya saat diwawancara News1.

Perihal kenyamanan, gadis kelahiran 20 September 1999 itu mengaku tidak merasa terganggu dengan hijabnya. Ia tetap nyaman berolahraga dengan hijab lantaran terbiasa melakukannya, bahkan di negara dengan cuaca yang lebih panas ketimbang Korea Selatan.

BACA JUGA: Olahraga Favorit Jennie BLACKPINK, Bikin Tubuh Sehat dan Langsing!

“Saya juga pakai hijab di negara dengan cuaca yang lebih panas seperti Indonesia, Vietnam, dan Thailand. Kalau di Korea memang dingin,” ujar perempuan lulusan S1 Manajemen dari Universitas Kahuripan Kediri itu.

Berhijab memang bukan penghalang bagi wanita untuk berolahraga. Ini harus disiasati dengan sejumlah tips memilih pakaian, yang mana harus longgar dan tidak membentuk lekuk tubuh, namun tetap dapat menyerap keringat.

Lantas, pakaian dan hijab apa yang mesti digunakan agar tetap nyaman berolahraga seperti Megawati Hangestri? Berikut ulasannya:

Pilih Bahan Katun

Aturan utama dalam memilih baju olahraga adalah bahan pakaiannya. Pastikan Anda memilih baju yang berbahan katun, sebab ini bisa menyerap keringat dengan baik. Dengan begitu, Anda pun tetap merasa nyaman saat berkeringat.

Begitu pula dengan hijab, pilihlah yang terbuat dari kaos atau katun. Kedua bahan ini bisa menjadi pertimbangan karena sama-sama mampu menyerap keringat dengan baik, sehingga Anda tidak akan terganggu dengan keringat yang mengucur di kepala.

Pilih Atasan yang Longgar

Selanjutnya, penting sekali untuk memilih celana olahraga yang berukuran pas agar bisa bergerak dengan nyaman. Namun, khusus wanita berhijab, pastikan Anda memilih atasan yang menutup aurat. 

BACA JUGA: 4 Tips Memilih Sepatu saat Menghadiri Acara Formal, Tampil Makin Stylish

Sebaiknya, pilihlah atasan seperti kaos atau hoodie yang longgar dan panjang hingga menutupi bokong atau lebih. Dengan demikian, Anda bisa berolahraga dengan nyaman tanpa takut aurat terbuka.

Gunakan Hijab Instan

Untuk jilbabnya sendiri, sebaiknya pilihlah model one-piece ringan yang tidak mudah terlepas. Selain itu, bisa pula memilih insert mesh agar tetap bisa bernapas lega, menyerap kelembapan, dan desain pull-on tanpa pin atau sobekan. 

Dengan kata lain, hijab instan adalah model yang cocok untuk digunakan saat berolahraga. Hijab jenis ini tidak membutuhkan tambahan peniti atau jarum, sehingga mudah digunakan dan tidak mengganggu selama bergerak. 

Di samping itu, tentunya hijab instan juga memberikan efek lebih leluasa dalam menggerakan kepala secara maksimal. Sebaiknya, pilihlah hijab berbahan spandek yang lembut dan nyaman untuk digunakan berolahraga.

Itulah tiga tips tetap nyaman berolahraga dengan hijab, seperti Megawati Hangestari yang baru-baru ini menjadi sorotan. Selamat mencoba!

Editor: Ranto Rajagukguk

Related