Trending di X, Ini Arti Guyonan “DC Cakung”

marketeers article
DC Cakung dan Okchon Hub sama-sama menjadi bahan guyonan warganet Indonesia dan Korsel (Foto: Twitter)

DC Cakung tengah menjadi trending topic di platform X pada Selasa (19/12/2023) siang dengan total tujuh ribu cuitan. Topik ini sejatinya merujuk pada guyonan yang beberapa waktu belakangan viral di media sosial. 

“Mahkotamu sedang ditransit di DC Cakung, King” adalah kalimat candaan yang berseliweran di media sosial, khususnya TikTok dan X. Siapa sangka, guyonan serupa juga digunakan oleh warganet Korea Selatan.

Hal itu sebagaimana diungkapkan akun X @adwinas. Ia men-quote cuitan seorang warganet Korea Selatan yang membagikan potongan video member TXT sedang memindahkan kado, layaknya kurir.

Gue nangis banget ternyata org korea jokesnya sama kayak di kita pake nama tempat sortir kurir. Editor TO DO blg yeonjun jadi ‘Okchon hub’, kalo di indo pasti dibilang ‘DC Cakung’,” cuit akun tersebut.

BACA JUGA: “Angin Tak Punya KTP” Disebut Hanya Majas, Apa Maknanya?

Baik DC Cakung maupun Okchon Hub, keduanya sama-sama merupakan sebuah gudang sortir atau pusat transit ekspedisi. Lantas, sebenarnya apa arti dari guyonan yang menyebut-nyebut nama gudang ini?

Arti Guyonan “DC Cakung”

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, DC Cakung adalah tempat sortir barang-barang kiriman. Lebih tepatnya, DC merupakan singkatan dari Distribution Center yang berarti gudang ataupun warehouse.

Di tempat ini, barang pesanan akan disortir terlebih dahulu sebelum akhirnya dibawa oleh kurir menuju rumah konsumen. Inilah yang membuat waktu tiba paketan lebih lambat, mengingat banyak barang yang masuk setiap harinya.

Karena itulah, muncul istilah “Mahkotamu sedang ditransit di DC Cakung, King.” Kalimat ini biasanya diberikan untuk seseorang yang melakukan hal tidak biasa, sehingga bisa dimaknai sebagai pujian dari warganet untuknya. 

BACA JUGA: Trending di X, Ini Arti Kata “Ndasmu” dalam Bahasa Jawa

Sebagai hadiah, warganet lalu memberikan mahkota untuknya. Namun, harus menunggu masa pengiriman di DC Cakung. Dengan kata lain, guyonan ini sejatinya merupakan pelesetan atau sindiran halus karena tidak puas dengan pelayanan gudang sortir itu sendiri.

Agar semakin jelas, berikut contoh kalimat menggunakan kata ‘DC Cakung’. Kalimat-kalimat ini biasanya kamu temukan di kolom balasan unggahan di X atau TikTok.

Mahkotamu sedang disortir di DC Cakung, king,” “Walah dicari kemana, taunya lagi transit di DC Cakung”, “Pacarmu sedang transit di DC Cakung“, “Jam segini enaknya ngapain? Enaknya mampir ke DC Cakung“.

Demikianlah pembahasan mengenai arti guyonan DC Cakung. Apakah Anda sering menggunakan kalimat ini untuk candaan?

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related