Bamsoet: Entrepreneurial Marketing Jawab Tantangan Tatanan Dunia Baru

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
18 November 2021
marketeers article
Small business parcel for shipment to client at home, Young entrepreneur SME freelance man working online business by using smart phone with making on purchase order and preparing package product.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, yang akrab dipanggil Bamsoet, menyebut marketing sebagai pilar dunia bisnis yang harus selalu beradaptasi dan berinovasi. Termasuk, menghadapi perubahan tatanan kemapanan teknologi serta kendala baru dalam bentuk pandemi COVID-19 belakangan ini.

Gagasan entrepreneurial marketing, menurut Bamsoet, menjadi salah satu metode solutif dalam menghadapi tantangan tersebut. Pernyatan itu disampaikannya dalam sambutan kepada hadirin ketika memenuhi undangan acara Gathering CMO Club Jakarta ke-85, Kamis (18/11/2021).

“Terdapat peluang baru untuk mengembangkan pasar dengan dibukanya berbagai sekat tantangan berkat kehadiran teknologi serta terbentuknya kemapanan baru. Sehingga, semua sumber daya manusia harus memiliki literasi atas teknologi dan memanfaatkannya semaksimal mungkin,” ujar Bamsoet.

Metode marketing dengan pemanfaatan platform digital berupa internet, termasuk media sosial, disebut Bamsoet sebagai contoh dari pemanfaatan literasi teknologi secara maksimal. Apalagi, dalam perkiraan terbaru penetrasi penggunaan internet di Indonesia mencapai 78,6 persen atau sekitar 212 juta pengguna.

Inovasi teknologi, ujar Bamsoet, juga membuat ragam strategi pemasaran atau marketing saat ini pun dapat dilakukan secara mandiri maupun agensi. Begitu juga dengan pilihan teknologi serta platform dan sarana media elektronik yang beragam.

Sejumlah aspek dalam entrepreneurial marketing seperti kreativitas, jiwa wirausaha, inovasi, dan kepemimpinan juga diharapkan mampu menjawab tantangan marketing di masa kini menurut Bamsoet. Selain itu, tidak hanya untuk merek barang dan jasa, konsep pemasaran juga seharusnya mampu memunculkan sosok baru yang memberi manfaat kepada khalayak luas.

“Marketing pada hari ini tidak hanya memasarkan produk, tapi juga gagasan, sekaligus melahirkan tokoh jelang momentum pemilihan umum serentak nanti. Sehingga, tokoh itu dapat memenuhi dan bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat indonesia,” ujar Ketua MPR RI Periode 2019 hingga 2024 tersebut.

Selain mengungkap pandangannya terkait dinamika marketing saat ini, Bamsoet juga menerima honorary membership Jakarta CMO Club dalam acara Gathering CMO Club Jakarta ke-85 tersebut. Dalam kesempatan itu, pemberian titel sebagai honorary member dari CMO Club Jakarta diwakili oleh Nanan Soekarna, Founder Willys Owner Indonesia.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

Related