Dari Yogyakarta Hingga Seoul, Ini Wishlist Destinasi Wisata Versi Booking.com

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
24 Mei 2020
marketeers article
Industri pariwisata memang sedang menghadapi hantaman besar karena COVID-19. Namun, berdasarkan data yang dihimpun Booking.com, keinginan berwisata para wisatawan lokal masih tinggi. Hal tersebut tampak dari daftar keinginan (wishlist) destinasi wisata yang dinantikan dalam dua bulan terakhir.
Destinasi wisata domestik meraih hampir 76% dari total wishlist wisatawan lokal di tengah pandemi ini. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari periode yang sama tahun lalu dengan angka 55% dari total wishlist. Sejak awal Maret 2020, wishlist teratas destinasi domestik wisatawan lokal diisi oleh Yogyakarta, Jakarta, Ubud, Bandung, dan Seminyak.
Pantai dan kota bercuaca cerah menjadi pilihan terbanyak yang diminati para wisatawan lokal. Sedangkan untuk destinasi internasional, wisatawan Indonesia tampaknya masih tertarik dengan kota-kota metropolitan di Asia seperti Tokyo, Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok, dan Seoul.
“Ini adalah saat-saat yang tidak terduga dan menantang di mana keselamatan tetap menjadi prioritas utama. Sungguh menakjubkan melihat beragam pengalaman wisata yang berbeda diimpikan oleh pelanggan kami sementara mereka menunggu kesempatan untuk bepergian kembali,” ujar Regional Director South Asia Pasific Booking.com Vikas Bhola.
Terkait wisatawan global, Bali meraih peringkat kedua dalam wishlist diikuti oleh Andalusia, Katalunya, dan Florida. Sementara, Krasnodar Krai (Rusia) berada di posisi pertama. Destinasi Indonesia yang masuk ke dalam daftar secara keseluruhan tercatat sebanyak 27 destinasi. Dari jumlah tersebut, lima yang menjadi favorit wisatawan dunia adalah Bali, Nusa Tenggara Barat, DKI Jakarta, Yogyakarta, dan Jawa Barat.
Editor: Ramadhan Triwijanarko

Related